500 Pasukan Siaga Karhutla Disiapkan

0
36

Sanggau,borneonetv–Menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kabupaten Sanggau. Pemda Sanggau menyiapkan 500 Pasukan,Kesiapan tersebut terlihat saat digelarnya Apel Gelar Pasukan Siaga Api Operasi Bina Taruna II Tahun 2018 dalam rangka penanggulangan dan penanganan Karhutla di Kabupaten Sanggau yang berlangsung di lapangan taman sabang merah Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Rabu (25/07/18) pagi.

Dalam amanatnya, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyebut Kalimantan Barat termasuk salah satu Provinsi yang rawan kebakaran hutan kebun dan lahan di mana faktor pemicu terjadi kebakaran adalah pembakaran lahan sebagai bentuk kebiasaan masyarakat yang berkebun dengan cara membakar. Dia menerangkan, terjadinya Karhutla yang luas dapat menimbulkan dampak yang besar serta munculnya bencana asap yang dapat merusak saraf otak, menimbulkan penyakit infeksi saluran pernapasan, menghambat transportasi.

“Terlebih lagi kita akan segera menghadapi event besar di negara kita yaitu Asian Game dimana Indonesia merupakan tuan rumah dalam pesta olahraga terbesar se-asia tersebut yang berdampak pafa dunia Internasional,” ujar dia.

Bupati menyampaikan, penanggulangan Karhutla dapat dilakukan dengan upaya preventif antara lain pemetaan hotspot, deteksi dini, melakukan imbauan, sosialisasi kepada pihak perusahaan  dan  masyarakat untuk melakukan kegiatan koordinasi dengan instansi terkait, dan memberdayakan peran tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa. Kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh adat dan instansi terkait serta Perusahaan yang ada di Kabupatej Sanggau, Bupati mengharapkan untuk mampu memberikan kontribusi positif dalam mencegah dan menemukan solusi karhutla di Kalimantan barat.

Apel Gelar Pasukan tersebut dipimpin oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan dihadiri Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Herry Purwanto, Kapolres Sanggau AKBP Iman Riyadi, Ketua DPRD Sanggau, Jumadi, Kajari Sanggau M. Idris F. Sihite, Para Pasi Kodim 1204/Sanggau, para Kabag dan Kasat Polres Sanggau, Dansub Denpom XII/1-2 Sanggau, Kpt Cpm Rudianto, para Danramil jajaran Kodim 1204/Sanggau, para Kapolsek jajaran Polres Sanggau, para Babinsa Kodim 1204/Sgu, para Bhabinkamtibmas Polres Sanggau, para Camat Se-kabupaten Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara, Gusti Arman, Kadaop Manggala Agni Sanggau, Kadarwanto, Sekretaris PDKS Urbanus, Lurah dan Kepala Desa Kabupaten Sanggau dan para tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh adat di Kabupaten Sanggau.

Usai gelar pasukan, acara dilanjutkan dengan simulasi pemadamam kebakaran lahan secara terpadu oleh seluruh tim siaga karhutla dan himbauan dari tokoh masyarakat terhadap larangan membakar hutan dan lahan. (Hery JB)

(Visited 27 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here