PerkimLH Sambas Bangun  IPA di Dua Kecamatan

0
10
take : peletakan batu pertama IPA oleh Bupati Sambas----

Sambas,Bonrneonetv .Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sambas, Eko S mengungkapkan pihaknya akan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat kabupaten Sambas. Program kegiatan itu, dijelaskan Eko S, dilakukan secara bertahap. “Ada target tertentu dalam mewujudkan kebutuhan air bersih untuk masyarakat kabupaten Sambas,” katanya, Senin (6/8).

Dijelaskan jika untuk tahun ini, terdapat dua desa di dua kecamatan yang berbeda, yang menjadi sasaran pembangunan IPA oleh Dinas Perkim LH Sambas. “Pertama di Desa Tengguli Kecamatan Sajad dan satunya di Desa Semanga Kecamatan Sejangkung,” ungkapnya.

Dirinya berharap, IPA tersebut nantinya tidak menjadi MCK atau yang dia istilahkan Monumen Cipta Karya. IPA yang dibangun oleh unit kerjanya tersebut , diyakini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. “IPA ini merupakan upaya kita menghadirkan Penyediaan Prasarana dan Sarana Air Minum Bagi Masyarakat Berpenghasilan rendah. Dana pembangunannya masing-masing kurang lebih mencapai 600 jutaan. Ini kita harapkan bisa bermanfaat untuk waktu yang lama,” harap Eko.

Program kegiatan pembangunan itu lanjutnya termasuk Bangunan Intake, Bangunan Pengolahan Air dan Bangunan Reservoir.  Sementara Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili, menyambut baik pembangunan IPA itu. Bupati yang melakukan peletakkan batu pertama pembangunan IPA sebagai tanda dimulainya pekerjaan pembangunan IPA di Desa Tengguli Kecamatan Sajad.

“Alhamdulillah, perhatian pemerintah begitu besar bagi masyarakat. Dengan adanya IPA ini, tantangan penyediaan air bersih bagi masyarakat perlahan-lahan dapat terpenuhi,” ujar Bupati. Disebutkan oleh Bupati, Indonesia adalah negeri yang berkah. Dikatakan dia, air dengan mudah ditemukan dimana saja. Bahkan, curah hujan lanjut dia, itensitasnya cukup baik bagi negeri ini.

“Air hujan adalah air yang paling baik, air dari langit. Kita harus pandai mensyukuri nikmat Allah tersebut. Manfaatkan curah hujan yang tinggi untuk keperluan kita sehari-hari. Tampunglah air hujan tersebut,” ingat dia.  Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat kabupaten sambas peduli akan kebutuhan air bersih. Dia juga mengajak agar sumber air yang ada seperti sungai tidak dirusak dengan prilaku sosial yang tidak baik.  Dia minta stop perusakan lingkungan dan pencemaran sungai.

“Kita juga harus bersyukur kepada Allah, air sungai kita masih terus mengalir, tidak mengering. Inilah yang harus kita manfaatkan, kita jaga kebersihannya. Jangan kita cemari,” tegas Bupati. (ra)

(Visited 4 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here