PT.Aggro Lestari Mandiri Dan Disnaker Sekongkol Dalam PHK karyawan usia lanjut

0
419

Ketapang ,borneonetv , Ketua DPC SBSI Ketapang  Lusminto Dewa sangat menyayangkan atas tindakan yang di lakukan PT.Aggro Lestari Mandiri yang melakukan pemecatan terhadap karyawan lanjut usia  pada   23 juli 2018 silam .Aksi pemecatan  ini mendapat reaksi, telah datang perwakilan buruh/karyawan PT. AGRO LESTARI MANDIRI sebanyak 5 orang,” dari 25 orang yang telah diputus hubungan kerjanya sepihak, dua diantaranya adalah meninggal dunia yang diwakili oleh ahli waris kekantor DPC SBSI Kabupaten Ketapang  ,di jln gajah mada komplek valm viesta no. 34-36, Yang diterima langsung oleh ketua DPC SBSI ketapang LUSMINTO DEWA.

Kelima Perwakilan dari  25 karyawan yang di PHK  lansung membuat pengaduan kepada DPC SBSI untuk menindak lanjuti keputusan yang telah mereka terima dari perusahaan memPHK mereka tersebut dikarenakan sudah usia lanjut.Menurut  pengakuan para perwakilan  karyawan yang di PHK tersebut ,rata rata masa kerja mereka  rata rata 12 tahun masa kerja.

mediasi yang dilakukan oleh DPC SBSI, terungkap  pihak perusahaan tidak mendaftarkan karyawan ke -BPJS Ketenagakerjaan, Perusahaan  beranggapan bahwa buruh yang bekerja lepas, tidak memiliki aturan kuat untuk mendapatkan hak hak mereka sebagaimana PKWTT. pada dasarnya sudah diatur didalam KEPMENAKER no.100 thn 2004. Tentang Pelaksanaan perjanjian kerja Waktu Tertentu (poin 3) “Buruh yang berkerja 21 hari dalam sebulan dan dalam jangka waktu 3 bulan berturut turut atau lebih, maka pekerja/buruh bukan lagi BHL berubah menjadi PKWTT.

dengan alasan tersebut, perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja sepihak sebanyak 55 orang, rata rata mereka berusia diatas 65 tahun.

Ironisnya sebelum terajdi pemutussan hubungan kerja  perusahaan  terlebih  telah melakukan sosialisasi tentang Pensiun Dini ,hadir dalam sosilisasi tersebut pihak Pemerintahan yaitu DISNAKER Ketapang KADIS dan MEDIATORnya (AGUS RIWIYANTO. S.E)

Terkait dengan persoalan tersebut  DPC SBSI berharap bahwa pemerintah tetap Objektif dalam melihat permasalahan ini dan dapat menindak lanjuti permasalahan ini sesuai dengan Undang undang yang berlaku. Karena pihak pemerintah adalah salah satu pelindung dan pengawas bagi Serikat Buruh dan Masyarakat pada umumnya dalam ketenagakerjaan, ”DPC SBSI wajib melindungi dan memperjuangkan  hak hak Buruh,karena itu satu minggu kedepan DPC SBSI akan melakukan mediasi lanjutan keperusahaan PT. AGRO LESTARI MANDIRI (SINAR MAS GRUP), untuk menindak lanjuti mediasi yang pertama tutunya.(ras).

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here