Gugatan Yansen- Ason Ditolak MK

0
44
take:Tim Kuasa Hukum PH-YO Saat di MK usai Sidang Panel
Sanggau,borneonetv. Gugatan pasangan calon (paslon) Yansen Akun Efendi – Fransiskus Ason dalam pilkada Sanggau ditolak Mahkamah Konstitusi ( MK).
Sembilan Hakim disidang panel siang jumat (10/8) menolak tuntutan paslon Yansen Akun Effendy-Fransiskus Ason (YAS).
Saat sidang dari pihak pemohon hadir calon bupati (cabup) pada pilkada Sanggau lalu Yansen Akun Effendy, dua orang penasehat hukum serta dua orang timnya. Kemudian, pihak terkait paslon PH-YO dihadiri Yohanes Ontot (wabup petahana), juru bicara Yohanes Adriyus Wijaya dan dua orang penasehat hukum,jelas Juru Bicara PH-YO Andre Wijaya kepada wartawan.
Andre juga mengatakan,sejak semula pihaknya yakin gugatan pemohon akan ditolak MK. Hal itu berdasarkan merujuk analisa terhadap dua kali sidang sebelumnya, yang telah berlangsung. Kemudian, mendalami materi yang disampaikan oleh pemohon, termohon, Bawaslu dan pihak terkait. Lantas mempelajari beberapa putusan MK terkait sengketa pilkada serentak periode sebelumnya, gugatan paslon YAS akan ditolak oleh hakim.
Hal yang paling mendasar ditolak gugatan oleh paslon nomor 1 Yansen-Ason adalah tidak terpenuhi persyaratan sebagaimana telah diatur dalam pasal 158 ayat (2) UU No. 10 Tahun 2016 dan pasal 7 ayat (2) huruf b Peraturan MK Nomor 5 Tahun 2017.

Andre berharap dengan putusan MK tersebut, semua pihak dapat menerima dengan besar hati. Dan tidak perlu lagi membangun opini yang tidak baik terhadap pelaksanaan pilkada Sanggau Tahun 2018. Jika ada kekurangan dan kelemahan selama dalam penyelenggaraan pilkada Sanggau, jangan lalu diasumsikan hal itu untuk pemenangan atau untuk mengalahkan salah satu pasangan calon tertentu.  (Hery JB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here