Puluhan Hektar Kebun Sawit  Diareal Transmigrasi Pelang Ketapang Terbakar.

0
87
take Puluhan Hektar lahan sawit diareal trasnmigrasi Pelang Ketapang terbakar

Ketapang ,Borneonetv . Seketaris Manggala Agni Ketapang  Muhamad yani mengatakan “kebakaran hutan dan lahan ini di karenakan ada pembukaan lahan yang di lakukan oleh per orang atau pun kelompok tertentu ,karena menurutnya tidak mungkin lahan itu terbakar sendiri ,”tingginya pembukaan lahan di bulan agustus.karena musim kemarau makanya masyarakat sering ,membuka lahan di musim kemarau .

Sementara itu kebakaran lahan  di areal tranmigrasi Desa Pelang ini merupakan api kiriman dari Desa Pematang Gadong, Desa Pesaguan, Desa Sungai besar karena ini merupakan kawasan satu hamparan, di musin kemaraau macam begini api mudah merambah kemana  mana  terutama pada  lahan kering,” menurutnya ,tim pemadam kebakran dari Manggala Agni  sudah dua hari  berada di lokasi memadamkan api .

Lambatnya , api padam , selain lahan gambut yang mudah terbakar, sumber air untuk memadamkan   menjadi kendala dalam memadam kan api sehingga kamipun kewalahan juga dalam penangan api yang terkadang cepat besar,ungkap nya .

sementara Sartim warga  yang juga menjabat ketua  Rt  tran pelang sp 2  Kecamatan Matan hilir selatan ini kebakaran ini sudah mencapai  10 hektara lebih merupakan kiriman api dari Desa sungai Nanjung ,”sebagai warga desa kami hanya bisa menjaga saja untuk mengaman kan kebun sawit kami, walau sudah  ada yang terbakar saat ini,” namun kami sebagai masyarakat harus menjaga lahan kami juga.

Dirinya juga berharap agar pemerintah melalu BPBD   melakukan tindakan cepat tanggap dengan kebakaran yang ada di wilayah tranmigrasi  jangan punya perkebun yang di utamakan tapi utamakan punya masyarakat kecil  seperti kami ini

Menurut penuturan  warga tran  kebakaran hutan dan lahan ini sudah sekitaran dua hari , yang paling besar itu dari tadi malam. sehingga masyarakat turun semua  karena  keterbatasan alat  pemadaman  sehingga  diturunkan petugas pemadam kebakaran dari BPBD ,TNI –POLRI ,satpol PP  Ketapang untuk turut serta memadamkan api  yang terus menerus emakin membesar .(Ras )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here