Pola ladang Berpindah Dengan Cara Membakar Stop Dihentikan

0
64
take : Sambutan kapolda Kalbar dalam acara Gapki di Hotel Mercure Pontianak

Pontianak ,borneonetv . Kepolisian Daerah Kalimantan Barat mengapresiasi  apa yang sudah dilakukan GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) wilayah Kalbar yang menerapkan kepada petani binaan mereka  cara berladang tanpa membakar,  di kawasan perkebunannya  lahan gambut   menjadi lahan pertanian yang subur dan menghasilkan berbagai sayuran dan buah-buahan yang segar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH seusai mendengar dua dari tiga pemapar perwakilan perusahaan sawit PT. Agro Lestari Mandiri – Sinarmas Group dan PT. BGA yang tergabung dalam GAPKI wilayah Kalbar. “lahan yang tadinya gambut yang dipenuhi pohon ilalang menjadi begitu subur, hamparan ladang sayuran dan buah-buahan terlihat segar semua”.

“Personel Polda Kalbar siap membantu GAPKI dalam pelaksanaan pelatihan pertanian modern tanpa membakar, kita akan bantu agar kedepan tidak ada lagi petani yang membakar lahannya,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Pada kesempatan rakor bersama GAPKI, hal senada disampaikan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, yang mengusung konsep operasi sebagai solusi menanggulangi karhutla, dimana program dan rencana aksi harus disiapkan dengan matang dengan  tujuan untuk merubah mindset masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here