Midji-Norsan Prioritas Percepatan Pembangunan Infrastuktur dan Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan

0
128
Take : Gubernur kalbar dan wakil nya berfoto bersama usai rapat dengan anggota DPRD kalbar
Pontianak-BorneoneTV, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Sutarmidji – Ria Norsan menyampaikan pidato pertamanya di hadapan para anggota legilatif. Dalam pidatonya tersebut, Sutarmidji bersama Ria Norsan mengutarakan visi dan misinya dalam membangun provinsi kalbar lima tahun kedepan di balairung sari kantor DPRD Provinsi Kalbar, Senin (10/9).

Adapun Visi pembangunan daerah tahun 2018-2023 yang akan direalisasikan oleh Sutarmidji dan Ria Norsan yaitu Terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kalimantan barat melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan tata kelola pemeritnahan.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengungkapkan, visi tersebut mengandung pengertian bahwa lima tahun yang akan dating kepemimpinannya akan fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur seperti membuka ketersolasian Kawasan dengan menambah panjang jalan (membangun jalan baru), membangun jembatan, meningkatkan kualitas jalan yang sudah ada, peningkatan produksi listrik, menambah pasokan air bersih, dan memperluas ruang terbuka hijau.

“Kami juga akan fokus pada perbaikan tata kelola pemerintah untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, efektivitas dan efisien birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan public,” kata Sutarmidji dihadapan para Anggota DPRD Provinsi Kalbar.

Sutarmidji bersama Ria Norsan percaya bahwa percepatgan pembangunan infrastruktur dan perbaikan tata kelola pemeritahan akan menjadi landasan utama bagi keseluruhan pelaksanaan program pembangunan ekonomi dan social yang hasil akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Masyarakat Kalbar yang mampu memenuhi kebutuhan primer dan sekunder, hidup dalam lingkungan masyarakat yang agamis, demokratis, berbudaya, bermoral serta dalam suasana yang aman dan damai,”tuturnya.

Sedangkan untuk target capaian dalam waktu lima tahun kedepan, Sutarmidji dan Ria Norsan akan meingkatkan rasio panjang jalan terhadap luas wilayah kalbar dari sekitar 0,094 kilometer persegi menjadi sekitar 0,18 kilometer persegi atau setara dengan rasio panjang jalan terhadap luas wilayah nasional tahun 2015.“Kami akan meningkatkan panjang jalan provinsi dalam kondisi mantap menjadi sekitar 95 persen,” pungkasnya.

Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur kalbar Sutarmidji- Ria Norsan akan menyelesaikan pembangunan pelabuhan samudera di Kabupaten Mempawah, meningkatkan rasio elektrifikasi sebesar 85 %  serta akan menambahkan ruang terbuka hijau (RTH) mendekati 40 %.

Seiring meningkatnya rumah tangga pengguna air bersih dikalbar, Sutarmidji juga akan meningkatkan supali air bersih ke masyarakat kalbar. “Penggunaan air bersih dari 54,61 persen pada tahun 2016 kita akan tingkatkan menjadi sekitar 70 persen hingga tahun 2023 mendatang,” kata orang nomor satu di kalbar.

Bukan hanya itu saja, mantan walikota Pontianak dua periode ini akan meningkatkan daya saing daerah kalbar menjadi peringkat 10 besar di Indonesia dan membentuk provinsi baru di Kawasan timur kalbar. “Kami akan mempersiapkan terbentuknya provinsi Kapuas raya di Kawasan timur kalbar,” tuturnya.

Untuk dibidang ekonomi, sutarmdiji yang dikenal jargon kampanye Kalbar Era Baru berusaha akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, rata-rata menjadi sekitar 6 persen per tahun selama periode 2018-2023.“Kita akan menjaga angka inflasi di sekitar 3,5 persen serta meingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi sekitar 50 persen dari total pendapatan daerah,” tegasnya.

Target capaian yang dikemukan oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji sebelumnya, akan terwujud jika didukung oleh tata kelola pemeritahan yang baik, efisien dan efektif.
“untuk itu penempatan Sumber Daya Aparatur yang berkualitas, deregulasi berbagai aturan yang menghambat investasi dan kemajuan daerah, perencanaan dan pengelolaan anggaran harus akuntabel dan transparan,” pungkasnya.Keseluruhan target capaian dimaksud akan di uraikan secara detail dalam dokumen RPJMD Kalbar tahun 2019-2023 yang sudah mulai disusun. (Lay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here