Pelatihan Kampung Siaga Bencana (KSB)Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Tahun 2018

0
36

Sanggau.BorneOneTV_ Sebagai upaya pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat, Kementerian Sosial (Kemensos) RI terus melakukan perluasan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di lokasi rawan bencana.

Dinsos Propinsi Kalimantan Barat ,Hendro Wicaksono S.Sos dalam sambutannya mengatakan , Kegiatan Kampung Siaga Bencana , merupakan salah satu upaya Pemerintah ,untuk mendorong dan menumbuhkan Partisipasi Masyarakat dalam rangka membangun Kesiapan Penanggulangan Bencana,di Wilayah Kecamatan,dan Kabupaten Sanggau pada Khususnya.

“Dengan diadakannya pelatihan dan simulasi diharapkan masyarakat di wilayah Kecamatan Kapuas ini akan saling peduli.

”Pembentukan KSB “Batu Sampai ” Kecamatan Kapuas , dengan petimbangan bahwa Kelurahan ini pernah mengalami bencana banjir serta masuk dalam kategori kawasan beresiko bencana,” ujarnya.

Hadir dalam pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sanggau, Bernadus AI.S.Pd , Camat Kapuas Drs.Alipius M.Si,Lurah Se-Kecamatan Kapuas dan peserta sebanyak 60 orang perwakilan dari 6 Kelurahan di Wilayah Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Ucapan terima di sampaikan kepada Kemensos dan Tim TAGANA Kab.Sanggau atas penyelenggaraan kegiatan positif ini.
Yang di laksanakan pada hari Kamis (13/09/2018) di Kelurahan Sungai Sengkuang Kecamatan Kapuas Sanggau, diadakan penyuluhan dan pelatihan tentang penanggulangan bencana berbasis masyarakat dan teknik-teknik perlindungan sosial untuk korban bencana alam.

Di lokasi yang berbeda pada hari yang sama, diadakan Simulasi di lapangan Sepak Bola, Kelurahan Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas, bersama masyarakat dengan skenario penanggulangan bencana banjir.

Koordinator Wilayah Tagana DI Kabupaten Sanggau, Agustus AR. mengatakan dengan terbentuknya KSB “Batu Sampai ” Kecamatan Kapuas, antara pengurus dan Tim TAGANA akan merasa saling memiliki antara satu dan yang lainnya ,katanya .(TIM ).

(Visited 27 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here