Nilai Tukar Dollar AS Terus Naik Harga Kelapa Tak Ikut Naik Petani Menjerit

0
57

Kubu Raya,BorneoneTV-Petani Kelapa di Kabupaten Kubu Raya mengeluhkan merosotnya harga kelapa butiran di tingkat petani, akibatnya kehidupan petani merana,sebab komoditi unggulan bagi para petani satu satunya saat ini kian anjlok sejak bulan Maret lalu.Jika dirinci secara detail Kelapa butiran sebelum sampai ketangan pengepul, ada pengeluaran ongkos petik,kupas dan manol setelah itu baru bisa dipasarkan.

Sabri.Kepala Desa Sungai.. Kupah,Kecamatan Kakap,Kabupaten Kubu Raya.Ketika di temui di ruang kerjanya.menjelaskan bahwa harga buah kelapa di tingkat petani berkisaran Rp.700/800.Per buah untuk kualitas kelapa super dari petani,“dibandingkan harga sebelumnya mencapai Rp.2.500/ buah.Tetapi meskipun harga kelapa butiran sangat murah,mau tidak mau para petani tetap menjual juga. karena kebutuhan ekonomi yang sangat mendesak,dan kuatir kelapanya membusuk dari pada tidak laku sama sekali.dan ada juga sebagian warga mebiarkan buah kelapanya tumbuh.kata kepala Desa.Sungai Kupah.Kepada awak media ini beberapa waktu lalu.

Masih kata kepala Desa sungai kupah dengan ke tidak berimbangnya haraga jual kelapa membuat sebagian warganya banting stir putar haluan ada yang menjadi buruh harian, seperti menjadi kuli bangunan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari,”jelasnya.

Permasalahan yang sama juga diungkapkan H.M.Amin petani dari Desa Pal IX kecamatan Kakap kabupaten Kubu Raya, menurutnya turunya harga jual kelapa yang cukup drastis sangat tidak seimbang dengan harga sembako,Sembilan bahan pokok yang terus merangkak naik.tuturnya.

Maka dari pada itu warga petani kelapa berharap melalui berita ini ada keinginan pemerintah untuk mengendalikan harga sembako dengan harga komoditi rakyat.Itu artinya harga jual kelapa bisa kembali naik mengingat industri hilirnya seperti minyak goreng kelapa,Mentega,dan lain lainnya saat ini telah merangkak naik juga.(Tim.IsmaiL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here