Menteri Pendidikan Uni Emirat Arab Kunjungi Bupati Sambas.

0
152
take :bersama bupati dan Menteri Pendidikan uni Emirat Arab

Sambas,Borneonetv .Kabupaten Sambas mendapatkan kunjungan pribadi Menteri Pendidikan Uni Emirat Arab, Syekh Muhammad Abdullah Farid, Rabu (3/10).

Kunjungan Syekh Muhammad Abdullah Farid ini, bertujuan menyalurkan sumbangan pribadi keluarganya untuk pembangunan dua Masjid di Kabupaten Sambas, serta meresmikan Masjid Abubakar As Siddiq di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) di Kecamatan Sambas, dan Masjid Nurul Jannah di Kecamatan Tangaran yang di sumbangnya tersebut.

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili  dalam kesempatan tersebut menerjemahkan apa yang disampaikan oleh Syekh Muhammad Abdullah Farid kepada wartawan dalam bahasa Arab. Dikatakan  jika Syekh Muhammad Abdullah Farid sangat ingin ke Sambas, setelah mendengar sahabatnya menjadi Bupati di daerah ini.

“Saya sudah sejak lama ingin berkunjung ke Kabupaten Sambas, karena saya mendengar sahabat saya menjadi Bupati nya dan untuk melihat Project yang sudah kami bangun, selain itu kami juga ingin mengetahui apa saja kebutuhan yang dibutuhkan oleh daerah ini,”ungkapnya.

Syekh Muhammad Abdullah Farid juga sangat terkesan dengan masyarakat Sambas yang sangat ramah dan menyambut baik kedatangannya. “Saya merasa sebagai bagian dari keluarga masyarakat Sambas yang ramah dan menyambut dengan sangat baik, boleh jadi kita berbeda bahasa tapi agama kita satu dan saya sangat yakin bahwa kita saudara dalam Islam,”katanya.

Dia juga mengatakan akan mengajak pemerintahnya, serta sanak keluarganya di UEA untuk lebih memperhatikan Kabupaten Sambas.”Saya datang ke sini atas nama pribadi, tetapi tentu apa yang saya dapatkan akan saya sampaikan kepada negara saya, kemudian kepada saudara-saudara saya yang ada di Uni Emirat untuk perhatian pada daerah ini,”ucapnya.

“Tentu kalau kita berbicara kerjasama berarti berbicara tentang negara, tetapi kalau perhatian kita boleh antar masyarakat dan itu mungkin saja dilakukan, kalau ada kegiatan atau ada projek fisik maupun SDM bisa saja dijadikan kerjasama,”sambungnya. Dijelaskannya, Uni Emirat Arab juga menaruh perhatian bagi keseluruhan Negara Indonesia melalui berbagai kegiatan sosial.

“Yang dikunjungi oleh Uni Emirat Arab tentu saja bukan hanya sambas, tetapi seluruh Indonesia melalui foundation yang ada, bahwa kegiatan sosial kemanusiaan itu terus dilakukan bukan hanya di Sambas tapi seluruh di Indonesia,”tegasnya.

Uni Emirat Arab sebutnya, punya peran yang besar dalam memberi bantuan kepada Indonesia, baik melalui lembaga negara maupun swasta seperti Rashid Al maktoum Arrahmah Al Islah dan banyak lagi.  “Begitu juga bantuan yang diberikan oleh pemerintah melalui kedutaan Uni Emirat Arab di Indonesia,” sebut Syekh Muhammad Abdullah Farid.

Kedatangan Menteri Pendidikan UEA menurut Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili Lc, juga dilandasi ikatan persahabatan Bupati bersama keluarga besar Syekh Muhammad Abdullah Farid.

“Kami bersahabat karena ada keponakan beliau yang merupakan duta besar Uni Emirat Arab di Jakarta, sebelumnya saya pernah menjadi sekretaris duta besar, sehingga komunikasi sudah terjalin cukup lama, saya sudah sangat kenal dengan beliau beserta keluarga besarnya,”ungkap Bupati. Dipaparkan Atbah, keinginan Syekh Muhammad Abdullah Farid untuk mengunjungi Sambas, sudah diungkapkannya cukup lama.

“Karena itu hari ini kesampaian, dan beliau sangat bahagia untuk bersilaturahmi dan bisa mengenal masyarakat Kabupaten Sambas, serta bisa melihat apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di kabupaten Sambas,”jelasnya.

Kedatangan Syekh Muhammad Abdullah Farid jelas Atbah, juga bermaksud memberikan bantuan secara pribadi kepada Masjid di Kabupaten Sambas. “Kedatangannya juga dalam rangka meresmikan dua masjid yang memang merupakan bantuan keluarga beliau, dan saya sangat sanang karena bantuan pembangunan mesjid dari beliau dan peresmiannya juga beliau hadir. Sehingga apa yang kita kerjakan benar-benar dapat dilihat oleh Beliau, dan tentu ada catatan dari beliau jika ada kekurangan dan sesuatu yang akan tambahkan,”sambungnya.

Meski kunjungan Syekh Muhammad Abdullah Farid tersebut bersifat pribadi, akan tetapi menurut Bupati akan ada hikmah baik melalui kunjungan tersebut bagi Kabupaten Sambas. “Tentu ini adalah kunjungan pribadi bukan atas nama negara, namun tentu ini akan menjadi kesempatan yang luar biasa, yang akan disampaikan kepada negara, lembaga pemerintah lembaga-lembaga sosial, lembaga swasta untuk lebih perhatian kepada Kabupaten Sambas, Ditambah lagi beliau  mempunyai jabatan, tentu akan menyampaikan wajah manis tentang Kabupaten Sambas mudah-mudahan ini menjadi menarik, dan baik untuk kita semua di Kabupaten Sambas,”pungkas Atbah Romin Suhaili.

Menteri Pendidikan Uni Emirat Arab Syekh Muhammad Abdullah Farid ini tiba di Kabupaten Sambas melalui Kuching Malaysia, dan dijemput oleh Bupati beserta SKPD di PLBN Aruk Sambas.  Usai melakukan kunjungan di Masjid Nurul Jannah, Kecamatan Tangaran dan MAN IC di Kecamatan Sambas, Syekh Muhammad Abdullah Farid kemudian makan siang di Rumah Dinas Bupati Sambas, lalu kembali ke Kuching. (ra)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here