Infrastruktur Pendidikan Di Kabupaten Melawi Masih Memprihatinkan

0
218

Melawi,BorneOneTV– Warga di Dusun Keluas Meniba Desa Harapan Jaya Kecamatan Tanah Pinoh Barat Kabupaten Melawi, secara swadaya membangun pondok sederhana untuk anaknya bersekolah.

Sekolah jarak jauh Dusun Keluas Meniba yang menginduk ke SDN No 05 Landau Tubun Kecamatan Tanah Pinoh Barat Kabupaten Melawi, dibangun atas inisiatif dari para orang tua siswa yang menginginkan anaknya tetap bisa bersekolah, karena jika harus ke sekolah induk jaraknya cukup jauh, anak- anak harus menempuh perjalanan 6 km dengan melewati hutan belantara.

Bangunan pondok sederhana satu lokal, dengan ukuran 4×6 yang ber atapkan daun, berdindingkan kulit kayu, dengan berlantaikan bumi (tanah) ini, mulai beroperasi pada akhir tahun 2016 dan baru untuk siswa kelas 1 SD saja, karena minimnya daya tampung bangunan yang hanya dapat memampung 12 orang siswa. Sementara untuk kegiatan belajar mengajarnya, papan bekas pengumuman milik desa, digunakan sebagai papan tulisnya.

Kepala Desa Harapan Jaya Sudarmo mengatakan, ada 41 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Keluas Meniba dan mirisnya tidak seorangpun yang tamat SD. Keinginan yang tinggi dari para orang tua siswa untuk menyekolahkan anak-anaknya, itu sangat luar biasa,”ungkapnya.

Pihak Pemerintahan Desa Harapan Jaya sangat mendukung kesepakatan untuk ikut membantu honor bagi ke dua guru yang ditugaskan di sekolah tersebut, dengan mengalokasikan Dana Desa (DD), karena disitu ada hak untuk membantu di bidang pendidikan,”ujarnya.

Masyarakat dan Pemerintahan Desa berharap agar, pihak pemerintah terkait bisa segera membangun gedung SD yang representatif di Dusun Keluas Meniba. Bahkan masyarakat sudah menyiapkan lahan untuk dihibahkan (Skm/Dd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here