Warga Kampung Sidik Tembawang Tanam Bawang Merah Hutan Untuk Kesehatan Tubuh

oleh -79 views

Landak,BorneOneTV-Bawang Merah Hutan, tanaman ajaib yang tumbuh liar di wilayah perbukitan tanah Kalimantan Barat, salah satunya tumbuh di Kampung Sidik Tembawang Dusun Sidik Sinyong, Kecamatan Sengah Temilah, Kabupaten landak.

Sejak dulu suku Dayak telah memamfaatkan bawang Merah Hutan sebagai obat tradisional, sehingga lebih dikenal dengan sebutan Bawang Dayak yang dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai gangguan penyakit.

Selain sebutan bawang merah hutan, orang lebih mengenalnya dengan sebutan bawang dayak, bawang boeneo, bawang tiwai dan bawang hantu. Sedangkan masyarakat kota pontianak sering menyebutnya dengan Bawang Mekah.

Di kampung Sidik Sinyong yang merupakan daerah perbukitan sehingga mudah ditemukan dan tumbuh liar pada tempat-tempat terbuka dengan tanah yang banyak humus serta lembab pada daerah perbukitan.

Seperti pengakuan Mega, warga dari dusun Sidik Sinyong, Kecamatan Sengah Temilah, Kabupaten landak mengatakan, jika di daerahnya tanaman ini dikenal dengan Bawang Merah Hutan yang tumbuh liar di perbukitan atau pegunungan. Namun sekarang sudah dibudidayakan oleh warga kampung Sidik, karena banyak yang membutuhkan dan mencari tanaman ini,”terangnya.

Masyarakat di kampung Sidik Tembawang saat ini sengaja menanam karena banyak yang datang mencari dan membutuhkan untuk obat. Biasa masyarakat menjualnya dengan kisaran harga dibawah 20.000/kilogramnya,”ucap mega.(Dd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *