Gubernur Kalbar,Jangan Sampai Inovasi Menghilangkan Akar Budaya

oleh -16 views

Sekadau.BorneOneTV- Gubernur Kalbar H Sutarmidji membuka resmi acara Festival Seni Budaya Melayu Ke XII 2018 di Kabupaten Sekadau, Senin (5/11) malam.

Gubernur Sutarmiji mengatakan, kebudayaan itu mencerminkan nilai-nilai peradaban dari satu Komunitas dan bangsa, sehingga harus terjaga kemurniannya. Inovasi dalam hal kebudayaan tidak boleh menghilangkan akar budaya itu sendiri. “Jangan sampai inovasi menghilangkan nilai dasar dari satu budaya,” ucapnya.

Disamping itu, Gubernur Kalbar juga meminta kepada MABM dan Pemkab/Pemkot se Kalbar harus menjaga dan melindungi budaya melayu supaya tidak diambil oleh negara lain.”Semua warisan Budaya bukan benda harus didaftarkan di Kemendikbud,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Sekadau Rupinus menyambut baik pelaksanaan Festival Seni Budaya Melayu Ke XII di Kabupaten Sekadau ini. “Kami menyambut baik festival ini, dan festival ini merupakan agenda DPP MABM Kalbar,” ucap Rupinus.

Dikatakannya, dalam festival ini akan dilaksanakan berbagai pertandingan sebagai ajang perlombaannya, namun pertandingan ini bukan untuk mencari juara akan tetapi ajang ini merupakan momentum untuk membangun Silaturahmi sesama Laskar Melayu di Kalbar dan juga Silaturahmi dengan suku-suku lainnya. “Saya harap, agar seni budaya melayu terus dapat dilestarikan sebagai bagia dari kekayaan budaya nusantara,” harapnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *