UKS Hindari Ancaman Kesehatan Siswa

0
58
Sambas,BorneoneTV-Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengemukakan untuk menanggulangi kenakalan remaja dizaman sekarang, diperlukan upaya lebih proaktif dan media yang efektif. Dikatakan oleh Wabup, satu dari beberapa upaya yang perlu mendapat perhatian adalah optimalisasi peranan program UKS atau usaha kesehatan sekolah.
“Dari delapan tujuan UKS, diantaranya agar siswa bebas dari kenakalan remaja dan bebas hamil pra nikah. Ini mengandung pesan moral bagi kita semua, dimana kita harus menanamkan kepada anak-anak kita tentang nilai-nilai agama, akhlak dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Hairiah, Selasa (11/12-2018).
Pesan itu lanjutnya, tidak hanya dirumah, tetapi juga lingkungan lainnya seperti sekolah dan lingkungan masyarakat secara luas.  Diterangkan oleh Wabup tujuan dari program UKS lainnya agar anak-anak bebas dari beberapa penyakit yang diakibatkan lingkungan dan prilaku tidak sehat. “Banyak manfaat dari program UKS ini. Dengan pembinaan lingkungan sekolah sehat dan penerapan prilaku bersih dan sehat sebenarnya dapat mencegah banyak penyakit,” terang Wabup.
Untuk itu Hairiah meminta pembinaan lingkungan sehat dan penerapan prilaku bersih dan sehat disekolah tidak dapat ditawar lagi. Harapanya sebut Hairiah, dengan penerapan atau praktik disekolah, dapat berimbas kepada keluarga di rumah dan masyarakat. Pengawasan dan pembinaan lingkungan di sekolah terutama dengan air bersih, alat atau tempat penyajian makanan atau jajanan hingga tempat cuci peralatan makan pinta Wabup harus menjadi perhatian bersama.

:

“Program UKS juga bertujuan agar anak sekolah atau siswa terhindar dari ancaman-ancaman yang dapat merugikan kesehatannya, seperti rokok, minuman keras dan narkoba. UKS bisa menjadi media untuk memberikan tambahan edukasi tentang itu semua,” papar Hairiah.
Hal lain yang diharapkan Wabup dengan program UKS adalah, mampu menjadikan sekolah menjadi tempat yang ramah anak.
Hairiah menginginkan UKS terus berupaya mengedukasi agar tidak lagi terjadi kekerasan di sekolah, tidak ada diskriminasi hingga pelecehan seksual. “Pemerintah Kabupaten Sambas, terus berupaya agar Program UKS tetap eksis dalam membangun negeri ini menjadi negeri yang berakhlakul karimah, unggul dan sejahtera,” kata Hairiah. (ra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here