Bupati Kubu Raya Minta Optimalkan Potensi Desa

oleh -27 views

Kubu Raya.BorneOneTV- Bupati Kubu Raya Rusman Ali meminta aparatur pemerintah desa khususnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk jeli melihat potensi desa. Menurut Rusman, program desa mandiri yang ditarget Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat harus menjadi penyemangat dalam mengembangkan ragam potensi desa yang ada, khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

“Apa potensi-potensi desa yang bisa dikembangkan. Apalagi saat ini program dari Gubernur Kalimantan Barat yang berusaha maksimal untuk meningkatkan jumlah desa berstatus desa mandiri sebanyak 63 desa mandiri di 12 kabupaten se-Kalimantan Barat di tahun 2019 ini,” ujar Rusman Ali di sela pelantikan 15 BPD dari 3 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, Kamis (31/1).

Rusman Ali menyebut anggota BPD adalah wakil masyarakat desa. Karena itu harus punya orientasi kerja untuk menyejahterakan masyarakat. Jika anggota BPD memahami fungsi tersebut, ia meyakini akan ada banyak peluang yang bisa kelola demi kemajuan desa.
“BPD mewakili masyarakat. Bagaimana BPD bekerja untuk kesejahteraan masyarakat. Kalaus serius kerja, insya Allah ada banyak potensi di desa yang bisa dikembangkan. Apalagi sekarang BUMDes sedang digalakkan. Dana desa pun ada,” tuturnya.

Rusman Ali mengatakan anggota BPD harus punya ide dan inovasi. Menurut dia, di desa ada banyak inovasi yang akan timbul. Hal itu karena anggota BPD berdomisili di desa sehingga mengetahui persis potensi-potensi yang ada. Setelah melihat potensi dan rencana pengelolaan, maka bisa dianggarkan. Untuk mengelola berbagai potensi tersebut, Rusman menyarankan untuk memberdayakan warga yang punya keahlian khusus di bidangnya.

“Cari pekerja-pekerja yang ahlinya di bidang itu. Jadi harus lihat apa potensi-potensi yang ada. Sampaikan ke kepala desa dan rapatkan. Sehingga ada keputusan bersama dan bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *