banner 120x600

Bebaskan Warga Dari Keterisoliran, Kodim 1203/Ktp Buka Akses Jalan Baru Sepanjang 20 Km

banner 120x600

Ketapang.BorneOneTV- Dalam rangka membebaskan warga Beginci Darat dari keterisoliran, Komando Distrik Militer 1203/Ketapang melalui program karya bakti akan membuka akses jalan sepanjang 20 Km yang menghubungkan Desa Batu Lapis dengan Desa Beginci Darat,
Kecamatan Hulu Sungai, Kabupaten Ketapang.

Komandan Kodim 1203/Ktp, Letnan Kolonel Kav Jami’an mengungkapkan bahwa selama ini masyarakat Desa Beginci Darat puluhan tahun hidup terisolir, tidak memiliki akses jalan darat untuk bisa ke kota Kecamatan Hulu Sungai, satu-satunya akses yang bisa digunakan oleh warga Desa Beginci Darat adalah melalui jalur Sungai Bihak.

Personil Kodim 1203/Ktp melalui program karya bakti membuka akses jalan sepanjang 20 Km yang menghubungkan Desa Batu Lapis dengan Desa Beginci Dara ketapang.

“Untuk bisa sampai di kecamatan saja membutuhkan waktu sekitar 2 jam menggunakan Long Boat dan biaya tidak sedikit berkisar Rp. 1.200.000 untuk pulang pergi,” terang Dandim 1203/Ktp.

Dandim 1203/Ktp, menyampaikan saat ini pihaknya sedang melaksanakan mobilisasi dua buah alat berat, 1 unit Exavator dan 1 unit Dozer menuju titik nol pekerjaan di Desa Batu Lapis. Namun untuk menuju Titik Nol bukan hal yang mudah bahkan penuh dinamika yang dihadapi, karena alat berat hanya bisa dimobilisasi melalui Kec. Sandai dengan jarak tempuh sejauh 70 Km, namun demikian akses jalan yang dapat digunakan untuk mengangkut alat berat hanya sepanjang 40 Km. Dan alat berat harus berjalan sendiri dengan menempuh jarak 30 Km untuk menuju Titik Nol.

“Medan yang harus kita lalui cukup sulit, karena terdapat medan yang terjal, ketinggian, anak-anak sungai serta jembatan-jembatan penyeberangan. Sehingga kita harus membuka akses jalan baru untuk menuju Titik Nol,” jelasnya.

  • Dandim 1203/Ktp juga mengatakan, selama dalam perjalanan alat berat menuju Titik Nol, terlihat antusias masyarakat dari Desa Batu Lapis dan Desa Aur Gading Kec. Hulu Sungai yang sangat luar biasa membantu TNI untuk membuka akses jalan agar memudahkan pergerakan alat berat. (Pendam XII/Tpr/ Dodi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: