2019 Giliran kecamatan Maliku dapat program PTSL

oleh -24 views

Pulang Pisau,BorneoneTV .Desa Badirih Kecamatan Maliku menjadi titik awal pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Pulang Pisau. Pada tahun 2019, Kantor Agraria Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Pulang Pisau sementara ini baru menetapkan 4 Desa Prioritas program PTSL, yakni Desa Badirih, Kelurahan Bereng, Petuk Liti dan Desa Balukun.

” Untuk pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Pulang Pisau tahun 2019 ini, kita mulai dari Desa Badirih Kecamatan Maliku. Setelah Desa Badirih sudah bisa dinyatakan menjadi Desa Lengkap, maka kita akan bergeser ke Kelurahan Bereng, kemudian bergeser ke desa ke 3 dan desa ke 4. Seandainya kuota masih tersisa, kita akan buat lagi desa ke 5 dan seterusnya hingga jumlah kuota 11.500 itu terserap habis. ” kata Kepala Kantor Agraria Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Pulang Pisau, Iwan Susianto, Selasa (12/2/2019).

Dia mengatakan, pelaksanaan PTSL tahun 2019 berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana, jika pada tahun sebelumnya jumlah kuota PTSL langsung dibagi secara merata dan ditetapkan dengan desanya. Tetapi pada tahun 2019 kata Iwan, pelaksanaan ditetapkan berdasarkan 4 desa prioritas dan fokus dari 1 desa. Artinya, PTSL ini dilaksanakan fokus dari 1 desa, hingga desa tersebut benar-benar dinyatakan menjadi desa lengkap.

” Pada tahun 2019 ini, Desa Badirih sudah bisa dikatakan Desa lengkap. Karena pada tahun sebelumnya juga sudah mendapat program PRONA dan PTSL. Tahun 2019 ini sudah kita petakan hanya tersisa 145 bidang saja. ” terang Iwan.

Menurutnya, saat ini Tim sudah mulai melaksanakan PTSL di Kelurahan Berang. Setelah selesai di Kelurahan Bereng maka tim akan bergeser ke desa ke 3 dan ke 4. Seandainya masih tersisa kotanya, maka kami akan membuat dan merencanakan lagi 4 desa prioritas hingga jumlah kuota PTSL terserap habis. Untuk menetapkan desa prioritas lanjut Iwan, yang pertama adalah sisa bidang tanah yang belum terdaftar PTSL atau PRONA dari tahun-tahun sebelumnya, dan yang ke dua adalah bidang tanah yang memang tidak terdaftar sama sekali atau sedikit yang terdaftar, kami bisa masuk program PTSL.

” Program PTSL 2019 ini intinya fokus kegiatannyadi mulai dari 1 desa dari 4 desa prioritas sampai benar-benar desa tersebut ditetapkan menjadi desa lengkap, hingga menjangkau seluruh Desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau,(bahrain )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *