Perhakin Kalbar Rayakan Imlek Bersama

oleh -34 views

 

Pontianak, BorneoneTV .Perkumpulan Hakka Indonesia (Perhakin) Kalbar merayakan Imlek 2570 bersama di Hotel Golden Tulip, Rabu (13/2).

Imlek Bersama ini mengusung tema bertajuk “Perayaan Imlek Sebagai Momentum Bersilaturahmi dan Bersinergi Untuk Menciptakan Kerukunan dan Keharmonisan Dalam Wadah NKRI”

Imlek Bersama ini juga dihadiri oleh Mantan Gubernur Kalbar Cornelis dan Ny Frederika Cornelis, Mantan Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya dan Ny Karyanti Sanjaya, Anggota DPR RI Dapil Kalbar Irjen Pol (Purn) Erwin TP Lumban Tobing, Ketua Kadin Kalbar Santyoso Tio dan Ny Santyoso Tio,  Ketua Yayasan Makmur, Yo Nguan Cua, XF Asali, Lindra Lie dan Ny Lindra Lie, Firmanto Kwan dan Ny Firmanto Kwan, Bong Kian Min dan Ny Bong Kian Min serta ratusan tamu undangan lainnya berlangsung meriah.

Ketua Perhakin Kalbar, Phang Kat Fu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah menyempatkan diri hadir merayakan imlek bersama ini,” ucap Phang Khat Fu.

Dirinya juga berharap, semoga dengan adanya perayaan imlek bersama yang merupakan wadah mempererat tali silaturahmi.

“Saya berterimakasih kepada mantan Gubernur Kalbar Cornelis dan mantan Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya yang telah ikut berpartisipasi dan mendukung Perhakin,” katanya.

Dikatakannya, saat ini Perhakin Kalbar sedang membangun Rumah Hakka/Tu Lou yang nantinya dapat berfungsi sebagai Kantor Sekretariat Hakka Kalbar, Museum Hakka Kalbar, Gedung Serba Guna, Tempat pelatihan kesenian dan lain lain kegiatan yang dapat di pakai oleh seluruh masyarakat di Kalbar umumnya dan khususnya masyarakat di Kota Pontianak dan sekitarnya.

“Sampai saat ini, pembangunannya sudah mencapai sekitar 60%, dengan dana sekitar Rp.11 Milyar,” katanya lagi.

Secara singkat Sejarah/historisnya bahwa Hakka Kalbar dapat membangun Rumah Hakka Kalbar adalah tidak terlepas dari dukungan dari seluruh masyarakat Kalbar
yang berdomisili di Kalbar dan di luar
Kalbar serta Pemerintah Provinsi Kalbar.

Ketua Perhakin Kalbar juga berterima kasih kepada Budiono yang juga sebagai salah
satu Dewan Pengawas Hakka Kalbar, dan sebagai orang pertama yang mendukung dan menghibahkan tanahnya seluas 300 M2 kepada Hakka Kalbar untuk membangun Kantor Sekretariat Hakka Kalbar, dimana sampai hari ini Sekreatariat Hakka Kalbar masih menumpang di ruko milik Phang Cin Thoi, yang dengan ringan tangan meminjam kan secara cuma-cuma Rukonya untuk dijadikan Kantor Sekreatriat Hakka Kalbar.

“Bapak Budiono inilah sebagai Pioneer yang mendukung Hakka Kalbar supaya dapat memiliki Kantor Sekretariat secara permanen, dengan memberikan hibah secara cuma-cuma sebidang tanah kosong seluas 300 M2 itu,” ujarnya.

Kemudian Hakka Kalbar membeli lagi tanah
yang bersebelahan dengan tanah yang di hibahkan oleh Budiono itu, sehingga luas keseluruhannya menjadi kurang lebih: 600 M2

Ketika bermaksud membangun Sekretariat Hakka Kalbar diatas tanah pemberian hibah dari Budiono, masih kata Phang Khat Fu, dirinya didampingi oleh beberapa pengurus Hakka Kalbar mengunjungi Siman Bahar, dengan maksud memberitahukan kepada Siman Bahar bahwa Hakka Kalbar telah mendapat Hibah Tanah dari Budiono untuk memohon petunjuk darinyabkarena Siman Bahar juga sebagai salah satu Dewan Pembina Hakka Kalbar.

“Ternyata Siman Bahar merespon positif maksud dan keinginan Pengurus Hakka Kalbar untuk mempunyai Kantor Sekretariat yang permanen. Siman Bahar menghibahkan tanah seluas kurang lebih 3.100 M2, yang sekarang ini sedang dibangun Tulou,” ceritanya.

Selanjutnya, untuk membiayai pembangunan Tulou Hakka Kalbar, Perhakin Kalbar juga mendapat dukungan yang luar biasa dari Cornelis dan
Christiandy Sandjaya yang pada waktu itu menjabat Sebagai Gubernur dan Wakil
Gubernur Provinsi Kalimantan Barat untuk masa bhakti 2 periode sampai tahun 2018.

“Dukungan yang luar biasa dari Pemprov Kalbar kepada Hakka Kalbar terhadap
pembangunan Tulou – Rumah Tradisional Suku Tionghoa Hakka ini berupa hibah uang dengan nilai nominal sebesar Rp.5.000.000.000,-(lima milyar rupiah),” ujarnya.

Selain dukungan berupa hibah Yang tunai dari Pemprov Kalbar kepada Hakka Kalbar dalam proses pembangunan Tulou ini juga Hakka Kalbar juga mendapat dukungan moril dan material dari masyarakat lainnya yang berdomisili di Kalbar dan luar Kalbar.

Sementara itu, mantan Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya berharap Perhakin Kalbar mampu terus eksis dan berkontribusi demi kemajuan bersama, serta semakin mempererat tali silaturahmi.

“Saya merasakan perayaan imlek tahun ini lebih istimewa, karena sejak Joko Widodo menjabat sebagai Presiden RI Ke 7 dan baru Tahun ini, Presiden Joko Widodo menghadiri Imlek Bersama secara Nasional di Pekan Raya Jakarta,” ucap Christiandy Sanjaya.

Dikatakannya, ini tentu dengan sebuah suka cita, bahwa perayaan Imlek semakin hari semakin dapat dirayakan dengan baik.
“Kita betul-betul bisa bersatu dan dipandu dengan budaya yang telah diakui.

Mantan Wakil Gubernur Kalbar 2 Periode juga berharap imlek bersama yang dilaksanakan setiap Tahun oleh Yayasan Kuning Agung ini agar dapat terus melestarikan budaya yang ada di Indonesia Khususnya Kota Pontianak Provinsi Kalbar.

“Inilah spesialnya Imlek tahun ini bagi saya,” harapnya

Kemudian, Calon Anggota DPD RI Nomor 25 Dapil Kalbar ini juga mengajak masyarakat Tionghoa pada khususnya, dan Kalbar pada umumnya untuk mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing wilayahnya untuk menggunakan hak pilihnya saat Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Pemilu Pileg dan Pilpres adalah jalan menentukan bangsa Indonesia. “Jangan sampai kita tidak datang ke TPS untuk menunaikan tanggung jawab kita WNI,” ingatnya seraya mengajak.

Siapapun pilihan dalam Pemilu mendatang itu adalah hak masing-masing Warga Negara tetapi dengan kehadirannya di TPS merupakan tanggung jawab kita sebagai WNI.

“Kita harapkan pemilu mendatang akan berjalan sukses dan baik,” ingatnya.

Kemudian mantan Gubernur Kalbar Cornelis mengucapkan selamat tahun baru imlek 2570 di tahun 2019 masehi.

Cornelis juga mengintakan agar etnis Tionghoa peduli terhadap cuaca politik saat ini. “Kita harus berpatisipasi turut serta berperan dalam pembangunan negara, tolong semua harus proaktif dalam berpolitik,” jelasnya.

Presiden MADN juga meminta agar segera mengecek apakah tamu undangan yang hadir namanya sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jangan lupa cek apakah anda semua terdaftar di DPT, karena masih banyak orang Tionghoa yang belun terdaftar di DPT,” ujarnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *