Temukan Senjata Api, Warga Mempawah Gempar

oleh -179 views

Mempawah, Borneonetv – Warga Mempawah dihebohkan dengan penemuan sepucuk senjata api (senpi) rakitan yang sudah tidak aktif, Rabu (6/3/2019), kemarin. Lokasi penemuan senjata api di areal Taman Mempawah, Jalan Daeng Manambon, Kabupaten Mempawah.
Petugas kebersihan Dinas PU Mempawah, Muhammad Taufik (29) menjelaskan, bahwa penemuan senpi diarea Taman Mempawah tersebut saat dirinya sedang menebas rumput, dengan menggunakan mesin. Namun saat menebas, mesin rumput tersebut mengenai suatu barang didalam kantong plastik. Kemudian, dirinya langsung mengangkat barang tersebut, yang didalamnya ada sebuah Senpi.
“Waktu saya menebas rumput, mesin rumput yang saya gunakan itu mengenai barang didalam kantong plastik. Pas saya angkat rupanya isinya pistol. Awalnya saya mengira Senpi tersebut adalah pistol mainan, kemudian setelah melihat ada beberapa peluru, sontak terkejut dan langsung melaporkan kejadian tersebut pada pihak Kepolisian,” ujarnya.
Lanjutnya lagi, Taufik mengatakan, kejadian ini baru pertama kalinya Ia alami, pasalnya selama tiga tahun bekerja sebagai penebas rumput didaerah tersebut, dirinya tak pernah menemukan hal serupa.
“Saya tidak menyangka, selama tiga tahun lamanya saya berkerja tidak pernah menemukan seperti ini,” ucapnya.
Kasat Reskrim Mempawah, Akp Sutrisno, membenarkan penemuan senpi tersebut. Penemuan berawal saat Muhammad Taufik, warga Mempawah sedang membersihkan rumput disekitar area Taman Mempawah, sekitar pukul 09.30 Wib. Muhammad Taufik kaget ketika sedang menebas rumput tiba-tiba mesin rumputnya menyentuh benda keras.
“Waktu membentur benda keras didalam kantong plastik, saat itu Ia mencoba membuka kantong tersebut ternyata isinya berupa sepucuk senjata api (senpi) rakitan, serta peluru senjata api laras panjang,” ungkap Kasat Reskrim Mempawah, Akp Sutrisno saat menjelaskan laporan Muhammad Taufik penemuan senjata api rakitan, kepada wartawan.
Lanjutnya lagi, Sutrisno menjelaskan, saat penemuan Muhammad Taufik memanggil Hamzah seorang kerabatnya untuk menghubungi pihak Kepolisian Polres Mempawah untuk mengambil langkah dan mengamankan senpi rakitan tersebut. Selain itu, Sutrisno mengatakan setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung menuju lokasi penemuan benda yang diduga senpi bekas kerusuhan itu. Setibanya dilokasi penemuan Senpi rakitan, pihaknya langsung mengamankan lokasi dengan memasang police line. Sutrisno menuturkan, barang bukti yang diamankan berupa satu pucuk Senpi rakitan berbentuk pistol, dan delapan buah peluru jenis senjata api laras panjang.
“Tindakan kita langsung mengevakuasi barang bukti tersebut ke Polres Mempawah, dan kemudian kita akan berkoordinasi dengan Brimob Polda untuk penanganan barang bukti tersebut. Item yang ditemukan satu pucuk senjata api jenis pistol, dan 8 butir amunisi senjata api laras panjang. Selama kegiatan berlansung situasi aman dan kondusif,” ungkapnya.
Lebih jauh, Sutrisno mengimbau, kepada masyarakat jika menemukan hal yang serupa. Untuk tidak melakukan tindakan lain, namun langsung melaporkan kepihak kepolisian.
“Karena jika salah penanganan, atau melakukan sentuhan barang tersebut, dikhawatirkan akan meledak dan membahayakan masyarakat. Hal yang pertama harus dilakukan ialah melaporkan kepada pihak Polisi setempat,” pungkasnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *