Muda Fokus Percepatan Pembangunan

oleh -25 views

 

Kubu Raya-,BorneoneTV .Percepatan pembangunan di hsemua sektor menjadi salah satu penekanan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Terentang di Aula Kantor Camat Terentang, Selasa (12/3). Menurutnya, program-program pembangunan di manapun bersifat standar. Sehingga yang dibutuhkan adalah kecepatan dalam mengejar target sasaran tersebut.
“Kita ingin menekankan langkah-langkah solusi dan resolusi. Konkretnya adalah kita lakukan langkah-langkah percepatan. Bagaimana strategi, terobosan, inovasi, dan kebijakan yang dilakukan,” ujarnya.
Karena itu, Muda mengatakan musrenbang kecamatan menjadi forum musyawarah yang penting bagi antarpemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas usulan rencana kegiatan pembangunan desa, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan.
“Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus mendorong untuk melakukan percepatan-percepatan pembangunan di semua sektor. Sehingga terwujud Rencana Kerja Pemerintah Desa dan Kecamatan pada tahun 2020 mendatang yang semakin partisipatif. Karena dalam kegiatan musrenbang kecamatan ini, sebagaimana pada umumnya merupakan usulan yang disampaikan masyarakat di masing-masing desa,” ucapnya menerangkan.
Muda menyatakan perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 sangat penting. Karena akan menjadi bahan untuk mengambil kebijakan sekaligus menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah daerah. Sebab itu, dirinya berharap semua pihak mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, termasuk anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya dapat bersinergi dalam pelaksanaan musrenbang.
“Sehingga prioritas pembangunan pada tahun 2020 mendatang dapat kita tentukan dan akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya.
Muda meyakinkan pemerintah daerah akan terus melakukan upaya-upaya percepatan khususnya terkait peningkatan pelayanan dasar masyarakat. Terutama peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, hingga pertanian. Dengan begitu masyarakat akan dapat merasakan langsung manfaat dari apa yang telah dilakukan pemerintah daerah.
“Dengan sudah dilakukan musrenbang di semua desa, maka kita berusaha mengejar percepatan-percepatan. Artinya, kita berusaha untuk melakukan rencana yang bisa efektif, tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna,” terangnya.
Pelaksana tugas Camat Terentang Suharto mengatakan musrenbang kecamatan bukan seremoni belaka. Musrenbang, menurutnya, adalah wadah untuk bertukar pikiran dalam menentukan keberhasilan pembangunan khususnya di Kecamatan Terentang. Pada kesempatan itu Suharto menyampaikan empat gagasan dan wacana masyarakat Kecamatan Terentang. “Kami ingin merelokasi kantor kecamatan ke Desa Sungai Radak II yang aksesnya lebih mudah dijangkau. Kemudian mencoba untuk mulai memperingati hari ulang tahun Kecamatan Terentang yang secara historis telah definitif ada sejak 1965 silam. Selanjutnya membangun pintu gerbang Kecamatan Terentang. Terakhir, kita hendak membangun situs web Kecamatan Terentang yang saat ini dimulai dengan menyiapkan data-data yang dibutuhkan,” ungkapnya.(Tim/Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *