Wakil Gubernur Kalbar Aktifkan Posko Siaga Karhutla

oleh -26 views

 

Pontianak .BorneoneTV .Wakil Gubernur Kalbar H Ria Norsan mengaktifkan Posko Utama, Posko Pendamping dan Posko Lapangan dalam rangka siaga darurat penanganan bencana asap akibat Karhutla di Kalbar Tahun 2019, Dikantor Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar, Selasa (19/3).

Pengaktifan Posko ini seiring dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Nomor 155 dan Surat Keputasan Nomor 156 dari Gubernur Kalbar tekait Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dengan adanya pembentukan Posko penangangan Karhutla tersebut, Wakil Gubernur Kalbar H. Ria Norsan mengungkapkan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar sudah siap melakukan pencegahan dan menangulangi Karhutla di Kalbar.

“Untuk saat ini, berdasarkan data BMKG di Kalbar ada tiga titik hotspot, namun bisa ditanggulangi. Sebab curah hujan masih terjadi di bulan Maret ini,” kata H Ria Norsan.

Lanjutnya, adapun prediksi masuknya musim kemarau di bulan mei mendatang dan sekarang ini berbagai intansi yang terkait dalam Karhutla sudah disiapkan serta berkordinasi.

“Dipredeksi titik panas akan banyak di bulan mei mendatang, maka dari sekarang kita sudah persiapkan dan siaga daruratnya kita sudah sampai kan ke BNPB pusat. Apabila terjadi kabut asap dan Karhutla kita bisa minta datangkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk bersama-sama menaganinya,” tuturnya.

Nantinya BPBD provinsi Kalbar bersama TNI-Polri dan intansi terkait akan melakukan pemetaan desa yang dianggap rawan Karhutla yang sering terjadi serta melakukan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan saat membuka lahan perkebunan mereka. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *