BKSDA Wilayah III KALBAR Amankan 4 Orang WNA asal Polandia

oleh

 

 

 

Sintang BorneoneTV .  Balai Konservasi Sumber Daya Alam(BKSDA ) wilayah III Kalbar bekerja sama dengan Imigrasi, Polres Sintang dan Bais mengamankan empat orang warga negara asing di taman wisata Bukit kelam Kecamatan Kelam permai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan barat pada hari senin 20 maret 2019.
Empat orang wna asal Polandia yang diamankan tersebut tertangkap tangan melakukan aktifitas pengumpulan satwa dan tanaman liar dari kawasan bukit kelam tanpa izin.
Kepala BKSDA wilayah III Kalbar, Barata sibarani mengatakan bahwa pengamanan wna asal Polandia tersebut berawal dari informasi yang didapat BKSDA yang melakukan aktifitas dibukit kelam.
atas informasi tersebut tim langsung meluncur ke lapangan pada hari minggu 18 maret 2019 untuk croscek dan tim berhasil menemukan sejumlah peralatan dan tas milik wna di salah satu pondok milik warga.

 


Hanya saja, ke empat wna tidak berada di pondok tersebut, sehingga tim menunggu hingga besok paginya . dan pada pukul 13.00 wib wna baru kembali kepondok dimana barang-barangnya ditinggalkan beserta sejumlah sampel satwa dan tumbuhan yang dibawa yang kini menjadi barang bukti.
Satwa dan tumbuhan yang berhasil diamankan tersebut yakni kalajengking dengan berbagai macam jenis, laba – laba, laba – laba bertanduk, tarantula , ulat kaki seribu, kodok, kalajengking cambuk, kecoa hutan, kecoa hitam, dan tumbuhan berupa anggrek dan tumbuhan daun kupu – kupu.”Ia juga mengatakan saat dilakukan pemeriksaan, ke empat wna tersebut sudah melakukan aktivitas di wilayah bukit kelam sejak tanggal 10 maret 2019 dan hanya memiliki visa wisata dan tidak memiliki surat izin masuk kawasan konservasi( simatsi) sehingga harus diamankan.
Untuk proses selanjutnya, BKSDA wilayah 3 akan mengirimkan ke empat wna beserta barang bukti ke gakum wilayah 3 pontianak untuk proses selanjutnya.
Atas perbuatan ke empat wna tersebut akan dijerat undang-undang ri nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan.(tim )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *