Penetapan Harga TBS, Dewan Sanggau Datangi Dirjenbun

oleh -19 views

 

Sanggau,BorneoneTV—-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sanggau, Eko Sisturisno memimpin anggotanya mendatangi Dirjenbun di Jakarta, pekan lalu. Kedatangan mereka terkait persoalan penetapan harga tandan buah segar (TBS).
Dari hasil pertemuan tersebut, Eko mengatakan ada beberapa poin yang dihasilkan, antara lain: Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Tahun 2018 tentang penetapan harga TBS mengatur secar aumum tentang mekanisme penetapan harga TBS seluruh Indonesia. Karen aitu diperlukan peraturan turunan yaitu Peraturan Gubernur yang menjelaskan lebih rinci tentang pentapan harga TBS.
“Kedua, Pergub tahun 2018 tentang pedoman penetapan harga TBS menjelaskan dalam pasal 11, 12, bahwa penetapan harga TBS dilaksanakan oleh tim penetapan harga TBS yang melibatkan unsur-unsur pemerintah provinsi, perusahaan sawit, petani melalui koperasi. Tim inilah yang nantinya akan bermusyawarah tentang penetapan harga TBS,” kata Eko.
Ketiga, setelah harga TBS ditetapkan, wajib bagi setiap perusahaan PKS untuk membeli sawit sesuai harga yang sudah ditetapkan. Sementara untuk petani sawit mandiri disaranakan membentuk kelompok tani agar dapat difasilitasi Pemda dalam menjalin kerjasama dengan PKS. Kerjasama kelompok tani dan perusahaan agar harga beli TBS sesuai dengan penetapan harga beli TBS.
“Keempat. PKS tidak boleh membeli buah di luar aturan yang ditetapkan Permentan maupun Pergub. Jika diketahui melanggar maka akan diberikan sanksi sampai dengan pencabutan izin operasional,” terangnya.
Pada pertemuan itu, juga disinggung terkait loading ramp. Dikatakan Eko, terkait loading ramp atau loading point di dalam Permentan 01 tidak diatur. Itu diserahkan ke Pemda masing-masing untuk menyikapi hal tersebut. Untuk
“Loading point yang dimiliki perusahaan harus jelas dan untuk loading rem/point yang bersifat perseorangan agar ditertibkan. Dalam hal ini Pemda dapat membuat opsi. Dimana opsi pertama bisa dilegalkan. Hal tersebut tentunya harus dibuat payung hukum yang mengaturnya,” pungkasnya. (Hery JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *