Satgas TMMD Sanggau Sosialisasi Karhutla

oleh -30 views

 

Sanggau, BorneoneTV.    Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas ke-104 Kodim 1204/Sanggau menggelar sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Rumah Adat Romin Bunuo, Dusun Sebongkuh, Desa Sebongkuh, Kecamatan Kembayan, Kamis (21/3/2019).

Dalam sosialisasi yang diikuti 150 peserta ini, Satgas TMMD menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Hadir Danramil 04/Kembayan Kapten Inf Warsidi, Camat Kembayan Inosensius Nono, Kepala Desa Sebongkuh, Semayang dan Tanjung Bunga, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Saat sosialisasi, peserta ditekankan untuk berperan aktif dalam melaksanakan pencegahan dan mengurangi karhutla.  Kemudian disampaikan pula terkait dampak yang ditimbulkan akibat karhutla dalam skala yang sangat besar bagi kelangsungan kehidupan manusia dan ekosistemnya.

Peserta yang berasal dari warga setempat juga diberikan pencerahan terkait sanksi hukum serta tindakan yang dilakukan terhadap pelaku kebakaran hutan dan lahan. Dengan harapan, masyarakat mendapatkan wawasan tentang karhutla serta mengurangi pembakaran lahan untuk berladang.

“Sosialisasi ini tentu memiliki tujuan agar warga memiliki kesadaran yang tinggi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan. Serta kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan dapat terlaksana dengan baik,” kata Pasiter Kodim 1204/Sanggau Kapten Inf Eko Prasetyo.

Memasuki sesi akhir yakni, sesi tanya jawab, peserta begitu antusias. Terutama seputar peran serta solusi bagi masyarakat dalam menanggulangi kebakaran lahan dan hutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *