Polri Siap Amankan Pemilu

oleh -13 views

Mempawah, Borneonetv – Jajaran Polres Mempawah siap mengamankan jalannya perhelatan akbar pesta demokrasi lima tahunan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Presiden (Pilpres) 2019. Kesiapan ini ditunjukkan dalam gelar operasi terpusat Mantap Brata Kapuas 2019 yang dilaksanakan di halaman Mapolres Mempawah, Jumat (22/3/2019), kemarin.

Dalam gelar pasukan itu, Kapolres Mempawah, Didik Dwi Santoso, yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Wiranto. Dalam amanahnya, Menkopolhukam mengatakan dalam pengamaman pelaksanaan Pemilu 2019, Menkopolhukam melibatkan 453.133 personil.

“Operasi Pengamanan Pemilu Mantap Brata ini mulai dilaksanakan dari hari ini sampai tahapan Pemilu Legislatif dan Presiden selesai,” kata Didik Dwi Santoso.

Selain itu, Didik Dwi mengatakan, untuk memetakan titik-titik rawan pada Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Mempawah. Hal ini sudah diantisipasi dengan pengaturan personil yang berjaga di area Kantor KPU, Panwaslu dan TPS.

“Walau jumlah TPS di wilayah hukum Polres Mempawah tidak setara dengan kekuatan personel, namun mekanisme pengamanan sudah kita konteks sesuai rencana operasi terpusat Mantap Brata Kapuas 2019,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, Didik Dwi mengatakan, juga akan upaya menekan angka kejahatan selama masa pemilu berlangsung, termasuk meningkatkan operasi Cipta Kondisi terutama menindak pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat.

“Kita semua menyadari tahapan pemilu memiliki potensi kerawanan yang perlu mendapat perhatian kita semua, sehingga situasi dan kondisi yang saat ini relatif kondusif dapat kita pelihara dan dipertahankan,” ujarnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini Didik Dwi mengimbau dan mengajak seluruh warga masyarakat dan pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dam memelihara kondusifitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama pemilu 2019.

“Polri yang didukung TNI dan segenap unsur terkait lainnya bertekad untuk mengawal dan mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu 2019,” ucapnya.

Operasi Terpusat Mantap Brata 2019 di Polres Mempawah turut dihadiri Bupati Mempawah, yang diwakili oleh Asisten Tata Praja Pemda Mempawah, Juli Suryadi Burdadi, Kepala Kejari Mempawah, Antoni Setiawan, Anggota DPRD Kabupaten Mempawah, serta para tamu undangan. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *