Kartiyus SH. msi Sampaikan Pentingnya Pemberatasan Stunting di desa Landau buaya

oleh -41 views

 

SINTANG, BorneOneTV – Dalam rangka menutup rangkaian kegiatan Penyegaran Rohani dan Pembinaan Kaum Pria Gereja Kemah Injil Indonesia atau GKII Daerah Ketungau Wilayah I yang dilaksanakan di GKII Kalvari Sungai Lawang, Dusun Sungai Lawang, Desa Landau Buaya, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, pada hari Jumat malam (22/3/2019).

Pada kesempatan tersebut hadir Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus SH.Msi yang juga merupakan Duta STUNTING Kabupaten Sintang yang menjadi salahsatu narasumber dalam kegiatan Penyegaran Rohani dan Pembinaan Kaum Pria untuk memberikan materi tentang penanganan kasus Stunting.

Ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya kasus Sthuting , pertama yaitu kemiskinan, kedua ketahanan pangan dan gizi, dan yang ketiga yaitu masalah kesehatan yang kurangnya perhatian terhadap sanitasi dan air bersih, ” ungkap Katiyus.

Kartiyus menyampaikan secara detail akar masalah stunting pada point kedua yaitu masalah ketahanan pangan dan gizi. Untuk masalah gizi, didaerah kita masih sangat minim, maka dipandang perlu asupan gizi kepada anak-anak kita saat mereka lahir dan tumbuh, perlu diperhatikan dari segi makanannya apakah asupan gizinya cukup atau kurang.

Duta Stuting Kabupaten Sintang juga menjelaskan pada point ketiga yaitu, masalah kesehatan yang berdampak mengakibatkan terjadinya stunting. “Disektor kesehatan yang perlu diperhatikan adalah sanitasi dan air bersih, jadi kalau lingkungan kita kurang bersih, airnya kotor, itu akan mengganggu pertumbuhan anak kita maka anak kita akan menjadi Stunting, ” ungkap salah satu putra terbaik Ketungau.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Geri Kartono mengatakan, bahwa tujuan daripada kegiatan Penyegaran Rohani dan Pembinaan Kaum Pria ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong era globalisasi. “Kami selenggarakan agar para kaum pria mampu menghadapi masalah ke depan dalam era globalisasi yang sangat amat banyak tantangannya,”kata Kartono.

Kartono menambahkan, bahwa kegiatan Penyegaran Rohani dan Pembinaan Kaum Pria dilaksanakan selama dua hari dengan diisi berbagai materi dan salah satu pematerinya adalah pejabat di Kabupaten Sintang. “Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 21 – 22 Maret 2019 dengan bermacam-macam kegiatan seminar dan salah satu pemateri dalam seminar ini diisi oleh Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sintang yaitu pak Kartiyus yang membahas persoalan pencegahan Stunting di kalangan kaum pria, ” tambahnya.
(yusri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *