Terdapat 22 Titik Api di Kabupaten Mempawah,April–Mei Diprediksi Turun Hujan

oleh -45 views

 

 

Mempawah, Borneonetv – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mempawah memaparkan hasil pencitraan Satelit Terra Aqua dan SNPP tentang keberadaan titik api (hotspot) di wilayah Kabupaten Mempawah. Dikatakan, berdasarkan update data pada tanggal 26 Maret 2019, jumlah titik api yang ada di Kabupaten Mempawah ada 22 titik.

“Titik api tersebut ada 2 di Siantan, 5 di Segedong, 3 di Sadaniang, 2 di Anjungan, dan 10 di Sungai Pinyuh,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Mempawah, Nurdeka Hidayanto, saat melaksanakan rapat koordinasi di Kantor Bupati Mempawah, Kamis (28/3/2019).

Sedangkan mengenai prediksi turunnya hujan, BMKG memprediksi akan turun hujan di wilayah Kabupaten Mempawah diperkirakan bulan April-Mei 2019, dengan intensitas sedang, yakni 100–300 milimeter dan sifatnya Normal. Selanjutnya, hujan diprediksi akan berkurang berlangsung sepanjang Juni-Oktober 2019, dengan intensitas rendah, yakni 0-100 milimeter, dengan sifat bawah normal.

“Perkiraan curah hujan ini merupakan hasil monitoring dinamika El nino, dipole mode, suhu muka air laut wilayah Indonesia dan pergerakan angin muson, serta pergerakan awan di wilayah Kalimantan Barat melalui citra Satelit Himawari. Sedangkan prakiraan cuaca di Provinsi Kalimantan Barat statusnya masih akan ada hujan dalam beberapa hari kedepan. Tetap waspada asap terutama pada pagi hari” katanya.

Sedangkan Sekda Kabupaten Mempawah, Ismail, menanggapi masalah kabut asap berharap curah hujan segera terjadi. Karena melalui curah hujan akan diyakini mengurangi intensitas kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Mempawah.

“Masalah pemadaman kebakaran lahan, kita sudah berupaya maksimal memadamkan. Namun kita akui terkendala ketersedian air di lokasi kebakaran lahan. Untuk itu, kita berharap segera turun hujan, selain membantu memadamkan titik api, juga akan mengurangi kabut asap,” harapnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *