Bawaslu Kota Singkawang Gelar Konferensi Pers terkait Video Ceramah

oleh -45 views

 

Singkawang ,BorneoneTV .– Bawaslu kota Singkawang menggelar Konfensipers bersama awak media di Hotel Dangau yang berada di Jalan Ayani kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Rabu (2/4/2019).

Konferensi pers yang di gelar Bawaslu terkait firalnya sebuah pidato yang di lakukan salah satu penceramah yang menghadiri kegiatan bertema Singkawang Bersolawat yang di lakukan di Halaman Stadion Kridasana pada tanggal 29 maret 2019.

Ketua Bawaslu Kota Singkawang Hj zulita mengatakan. Bawaslu Kota Singkawang sudah menerima dan menindak lanjuti laporan dan informasi terkait dugaan pelanggaran pemilu berupa dakwah yang di lakukan pada tanggal 29 maret 2019 lalu.

“Dari dugaan pelanggaran pemilu berupa dakwah tersebut bersifat menghina dan menghasut serta mengadu domba sebagaimana yang masud pada pasal 280 ayat 1 atau pasal – pasal lainya.” Katanya.

Zulita mengatakan sejauh ini pihaknya telah menerima laporan laporan terkait permasalahan tersebut. Di mana pihaknya. Tinggal menunggu sarat matril untuk di lakukan register.

“Dari laperan tersebut nantinya akan di bahas dalam forum sentral gakumdu. Dan kami siap memproses sebagaimana yang di tentukan dalam perundang – undangan.” Jelasnya.

Dirinya me jelaskan. Bahwa di duga panitia Solawat tidak konsisten dengan izin yang di minta kepada pihak kepolisian Polres Singkawang.

“Di mana panitia Bersolawat sudah membuat pernyataan bahwa tidak akan menyimpang dari kegiatan Bersolawat tersebut, namun dalam kefmgiatanya masih di langgar oleh panitia Bersolawat,” katanya.

Dikatakan zulita. Di ketahui izin yang di berikan oleh Polres Singkawang hanya izin keramaian . Bukan izin kampanye.

“Jadi pada pelaksanaan Bersolawat tersebut sudah menyimpang dari surat pernyataan yang telah di tanda tangani. Di mana dalam pernyataan tersebut panitia tidak akan menyimpang dari pelaksanaan Solawat tersebut.” Ujarnya.

Sejauh ini kata dia. Sejak menerima laporan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak gakumdu dan pihak kepolisian dan kejaksaan.

Sementara itu. Sebelumnya Kapolres AKBP Raymond M Masengi telah memberikan Klarifikasi terkait Video Viral penceramah tersebut.

Kapolres mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi kepada pihak Bawaslu dan bawascam terkait viralnya video tersebut.

“Karna ini domainya pemilu Maka Kita telah berkoordinasi dan akan di proses. apakah ini sebuah pelanggaran pemilu atau bukan. Namun semua ada di gakumdu Di atau bawaslu.” Katanya.

Sebelumnya menyebar sebuah video dakwah yang di lakukan salah satu penceramah yang di selenggarakan di salah satu kegiatan yang bertema “pulangkan Imam Besar Kami Singkawang Bersolawat memperingati Isro Mi’roj dan Tabliq akbar Singkawang Bersolawat, ” yang di selenggarakan di Jalan Kridasana Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat.

Dalam ceramah tersebut. Penceramah tersebut di duga melakukan ujaran kebencian. Hingga video itu firal di beberapa jejeraing medsos.(mz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *