Daniel Johan Serahkan Bantuan Selang Buat Damkar Swasta

oleh -72 views

 

Kuburaya ,BorneoneTV .Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan bersama Kasubdit Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Radian Bagiyono, S.Hut, M.For, menyerahkan aspirasi selang buat Pemadam Kebakaran (Damkar)  Swasta yang ada di Kalbar, di Hotel Gradania, Kubu Raya, Sabtu (6/4).

Anggota DPR RI Dapil Kalbar Daniel Johan memberikan apresiasi kepada para Anggota Damkar Swasta yang telah mengambil perannya dalamb membantu masyarakat yang tertimpaah musibah kebakaran.

“Tidak ada yang lebih memiliki dedikasi dan jasa yang besar selain para Anggota Damkar Swasta ini,” ucap Daniel Johan usai secara simbolis menyerahkan bantuan selang kepada perwakilan Damkar Swasta.

Dikatakannya, apa yang telah disampaikan oleh Anggota Damkar Swasta se Kalbar ini saat dirinya melaksanakan Reses yang kesemuanya memiliki kesamaan, dimana mereka berkiprah dengan tugas mulia dan mempertaruhkan nyawa namun tidak diikuti dengan perhatian dari pemerintah baik pusat maupun daerah, sehingga dirinya memperjuangkan perhatian kepada Damkar swasta.

“Kiprah Damkar Swasta dalam pengabdian ini sangat membantu tugas pemerintah dalam penanggulangan kebakaran. Kita komit memberikan perhatian dengan memberikan bantuan selang Damkar ini,”  jelasnya.

Selain itu, Damkar Swasta juga mengambil perannya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) walaupun karhutla itu sendiri bukanlah Tupoksi Damkar Swasta tapi setiap kali terjadi musibah karhutla Damkar Swasta selalu mengambil perannya untuk menanggulangi.

“Bantuan ini merupakan perjuangan dalam perwujudan dan perhatian kepada Damkar Swasta di Kalbar.

Sementata itu, Ketua Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Kota Pontianak, Ateng Tanjaya mengatakan semangat bersatu dalam penanggulangan kebakaran menjadi motivasi bagi para relawan menghabiskan waktunya untuk memberikan perlindungan kepada warga yang terkena musibah kebakaran.

Pemadam Kebakaran Swasta tidak digaji namun semangat dalam memberikan dan menolong warga yang tertimpah musibah menjadi semangat dalam persatuan.

“Kami Pemadam Kebakaran yang berbeda-beda, namun kami bersatu padu dalam menanggulangi kebakaran. Kami semua bersaudara,” kata Ateng Tanjaya.

Sepak terjang Damkar Swasta Dalam Kiprahnya telah membantu masyarakat yang terkena musibah kebakaran ini merupakan sebuah pengabdian sosial namun semua ini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, tapi penyerahan ini merupakan bantuan awal Pemerintah pusat kepada Damkar Swasta yang ada di Provinsi Kalbar.

“Mereka telah mengorbankan tenaga dan waktu. Tertolong jarang berterima kasih, tidak tertolong, kami dicaci maki,” ujarnya.

Kasubdit Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Radian Bagiyono, S.Hut, M.For, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para petugas Damkar Swasta yang telah berpartisipasi membantu pemerintah dalam penanggulangan Karhutla di Provinsi Kalbar.

“Damkar Swasta memiliki tugas yang sangat mulia dan telah membantu pemerintah dalam penanggulangan karhutla di Provinis Kalbar,” kata Ragian Bagio.

Diakui olehnya, Damkar Swasta telah membantu tugas Kementerian LHK dalam Karhutla walau Tupoksi Damkar Swsta bukan di Penanggulangan Karhutla, tapi mereka telah mengambil perannya untuk membantu dalam penanggulangan karhutla itu sendiri.

“Kementerian LHK bersama Komisi IV DPR RI sepakat dan komitmen memberikan bantuan kepada Damkar swasta berapa selang Damkar,” ujarnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *