Ketua Bawaslu : Ada 6 TPS di Kalbar Direkomendasikan Pemungutan Suara Ulang

oleh -48 views

Pontianak ,BorneoneTV . Badan  Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ruhermasyah mengatakan ada enam tempat pemungutan suara (TPS)  di Provinsi Kalbar yang direkomendasikan agar melakukan pemungutan suara ulang.

“Kami meminta agar KPU melaksanakan rekomendasi tersebut. Kami akan melakukan pleno, dan kami akan merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan Pemilu ulang pada lima TPS di Kabupaten Sintang dan 1 TPS di Kabupaten Bengkayang. Jadi totalnya ada enam TPS yang harus melakukan pemilihan ulang,” kata Ruhermansyah, Kamis (18/4), saat ditemui di Kantor Gubernur Kalbar usai menghadiri Video Conference di ruang Audio Visual Kantor Gubernur.

Dikatakannya, alasan dikeluarkannya rekomendasi itu karena pada lima TPS yang ada di Kabupaten Sintang (Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Kayan Hilir), saat pencoblosan Rabu kemarin, semuanya tidak terdapat lembar surat suara untuk presiden. Sedangkan untuk 1 TPS di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, direkomendasikan untuk pemilihan ulang karena saat pencoblosan kemarin, TPS tersebut tidak terdapat surat suara untuk DPD RI.

Dari hasil pengawasan yang dilakukan pada sebelum pencoblosan sampai setelah masa pencoblosan, semuanya berjalan lancar. Memang ada beberapa permasalahan administratif baik di tingkat KPU hingga TPS, namun, Bawaslu sudah memberikan saran untuk melakukan beberapa perbaikan.

Terkait beberapa dugaan pelanggaran yang lain baik itu politik uang dan kecurangan lainnya, dia mengatakan Bawaslu memang sudah mendapatkan informasi tersebut, namun sampai saat ini belum menerima laporan langsung dari masyarakat. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *