Bupati KKR Tinjau Lansung UNBK Hari Pertama di SMPN I Sungai Raya

oleh -17 views

Kubu Raya,BorneoneTV.  -Bupati Kubu Raya,Muda Mahendrawan meninjau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) di SMP Negeri 1 Sungai Raya, Senin (22/4).

Usai memantau pelaksanaan UNBK dan UNKP di SMP Negeri 1 Sungai Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan berupaya terus agar ke depannya jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK terus meningkat.

“Dalam tiga tahun ke depan, mudah-mudahan UNBK bisa dilaksanakan di seluruh sekolah di Kubu Raya,”kata Muda.

Muda mengatakan,mengingat sarana dan prasarana UNBK,khususnya komputer merupakan suatu kebutuhan utama untuk melaksanakan UNBK, maka Pemerintah Daerah Kubu Raya akan membuat suatu kebijakan dengan memaksimalkan anggaran untuk pendidikan.

“APBD murni di sektor pendidikan mengalami penurunan,kita akan berupaya untuk meningkatkannya,agar anggaran standar untuk pendidikan yang sesuai undang-undang dapat terlaksana dengan baik,”ujarnya.

Muda juga mengingatkan agar pihak sekolah dapat terus meningkatkan kualitas baik kualitas sekolah itu sendiri maupun kualitas siswanya.,Pemerintah juga akan memetakan terkait dengan kualitas siswa maupun kualitas sekolah, dan diharapkan partisipasi dari komite sekolah ke depannya juga menjadi lebih baik.

“Masyarakat juga kami harapkan ikut terlibat mengawal dan mendukung arah kebijakan agar seluruh sekolah dapat mengikuti UNBK,”kata Muda.

Kabid Pembinaan SMP,Dinas Pendidikan Kubu Raya,S.M,Firdaus Alqadre.M.Pd. mengatakan,ada 226 sekolah,jenjang SMP sederajat yang melaksanakan Ujian Nasioanal(UN)tahun 2019 ini.Dari 226 SMP sederajat itu,52 sekolah sudah melaksanakan UNBK sedangkan 147 sekolah masih melaksanakan UNKP.

“Total siswa peserta ujian tahun ini, 9.920 siswa SMP sederajat,”jelas Firdaus.

Firdaus mengatakan,sejak empat tahun ini Kubu Raya melaksanakan UNBK di jenjang SMP sederajat,dan jumlah sekolah yang melaksnakan UNBK ini terus mengalami peningkatan.

“Dari empat tahun ini,di tahun pertama hanya ada satu sekolah yang melaksanakan UNBK,kemudian di tahun ke dua ada dua sekolah, di tahun ke tiga ada 21 sekolahg dan tahun ini ada 52 sekolah yang melaksanakan UNBK. Dan kita targetkan di tahun depan paling sedikit 100 sekolah akan melaksanakan UNBK, ” kata dia.

Kepala SMP Negeri 1 Sungai Raya, Selamet Riyadi mengatakan sebanyak 321 siswa yang mengikuti UNBK di SMP Negeri 1 Sungai Raya, pelaksanaan UNBK menggunakan empat ruangan. Untuk pelaksanaan UN tahun ini ada dua sekolah yang menginduk dan melaksanakan UN di sekolah ini, yakni Mts Hidayatul Muslimin, dan SMP Hebat,

“Untuk sekolah yang menginduk di sini masih menggunakan UNKP, untuk Mts Hidayatul Muslimin ada 70 peserta, sedangkan SMP hHebat ada 20 peserta,” kata Selamet.

Selamet mengatakan,di hari pertama pelaksanaan UNBK berlangsung dengan lancar, meskipun masih ada kendala namun masih bisa teratasi

“Ada terkendala sedikit pada rooternya, namun bisa kita atasi. Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar,”katanya.

Selamet menambahkan,untuk standar kelulusan siswa, formatnya ditentukan oleh dewan guru dan staf tata usaha secara musyawarah, sehingga di dapatilah standar kelulusan siswa.

“Standar-standar dan persyaratan kelulusan ini kita rapatkan terlebih dahulu,misalnya berkelakuan baik, nilai siswa dan lain sebagainya.Inilah yang menjadi acuan untuk kelulusan nanti,” pungkasnya.(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *