Dalam Rangka Mendukung Festival Sahur .Pemprov Kalbar Kedepanya Berikan Bantuan Dana 300 Juta

oleh

Mempawah, Borneonetv – Sebanyak 157 grup mengikuti festival Sahur-Sahur ke XVII yang dilaksanakan Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah (Disdikporapar), bekerjsama dengan Galaherang Kreasindo, Jumat malam (17/5/2019), kemarin, yang dipusatkan di Halaman Wisma Chandramidi Mempawah.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Ria Norsan, yang membuka langsung festival sahur-sahur yang telah dijadikan agenda tahunan ini, kedepannya diharapkan terus ditingkatkan dan lebih meriah. Apalagi kegiatan tersebut sebagai bentuk pelestarian, serta menjadi sebuah hiburan yang bermanfaat bagi masyarakat semua.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas apa yang telah dilakukan oleh para pemuda dalam rangka mendukung acara Festival Sahur-sahur ini. Kegiatan Sahur-sahur ini kedepannya harus lebih meriah lagi, jangan sampai kegiatan ini musnah dan hilang, karena kegiatan ini banyak sekali manfaatnya bagi generasi muda kita,” ujarnya.

Ria Norsan berharap, untuk kedepannya festival Sahur-sahur ini tidak hanya melibatkan peserta dari Kabupaten Mempawah saja, tetapi coba di undangan seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Kalbar, agar kegiatan ini semakin menarik dan ramai.

“Untuk tahun yang akan datang, Pemerintah Provinsi akan ikut membantu menganggarkan pendanaan festival Sahur-sahur ini. Kalau sekarang hadianya mungkin 161 Juta, tahun depan kita buat sebesar 300 Juta,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Mempawah, Hj. Erlina mengatakan, dari kegiatan tersebut untuk mengembangkan budaya yang ada di Kabupaten Mempawah ini, sekaligus menghibur masyarakat yang ada di Mempawah agar kebudayaan ini tetap langgeng.

“Oleh karena itu, dari kegiatan ini untuk meningkatkan kebudayaan kita, supaya anak cucuk kita tau inilah budaya kita yang ada di Kabupaten Mempawah. Saya berharap kedepan panitia lebih maksimal melaksanakan festival sahur-sahur ini, sehingga bisa menarik minat wisatawan bahkan masyarakat luar untuk berkunjung ke Kabupaten Mempawah. Saya juga berharap kegiatan Sahur-sahur ini bisa menjadi agenda dalam kalender Nasional, seperti Danau Sentarum dan Cap Go Meh,” ungkapnya.

Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Faisal Abdullah, merasa bangga dengan adanya Festival Sahur-sahur di Mempawah ini.

“Saya merasa bangga karena acara ini berhasil memecahkan rekor Muri, dimana perlu saya tegaskan disini bahwa Muri itu tidak hanya mencatatkan rekor di Nasional saja tapi juga Internasional,” tuturnya.

Sedangkan Ketua Panitia, Gusti Veri Ibrani mengatakan, panitia menyediakan dana pembinaan bagi juara pertama Rp 10 juta, juara kedua Rp 7 juta, juara tiga 6 juta dan juara harapan pertama Rp 5 juta, harapan kedua Rp 3 juta, harapan ketiga Rp 2 juta, serta the best icon Rp 1 juta. Sedangkan dana pembinaan bagi para peserta sebesar Rp 500 ribu.

“Festival sahur-sahur ini terbagi dua katagori yaitu  pemula terdiri dari anak SD dan SMP, sedangkan dewasa terdiri dari SMA dan umum. Dengan total dana pembinaan Rp 161 juta,” katanya.

Sedangkan Ayu Aguswati, salah seorang warga Mempawah yang menyaksikan festival sahur-sahur, mengatakan sangat terhibur atas dilaksanakan festival sahur-sahur ini.

“Biasanya Mempawah sepi, malam ini sangat luar biasa ramainya. Kita berharap setiap tahun bisa dilaksanakan, sehingga Kabupaten Mempawah bisa terkenal melalui festival sahur-sahur ini,” harapnya.

Adapun pemenang dari kategori pemula adalah, Juara pertama Tambangan Junior total nilai 714, Juara kedua Benteng Junior total nilai 702, Juara ketiga Renjuang Junior total nilai 682, sedangkan Juara harapan pertama Karang Taruna Serumpun Jaya total nilai 666, Juara harapan kedua Nusa Indah Junior total nilai 644, Juara harapan ketiga Pendekar Malam total nilai 623. Untuk the best icon diraih oleh grup Benteng Muda Junior. Adapun di Kategori Dewasa Juara satu diraih oleh Nadi Khatulistiwa dengan total nilai 945, kemudian Juara dua diraih oleh Bujang Benteng total nilai 931, dan Juara ketiga diraih oleh Renjong total nilai 926, sedangkan Juara harapan pertama diraih oleh Mempawah Mangrove dengan total nilai 922, Juara harapan kedua diraih oleh Laskar Abang Usman total nilai 919, Juara harapan ketiga diraih oleh Bintang Galaherang total nilai 910. Untuk the best icon diraih oleh grup Dua Putri.

Turut hadir dalam Festival tersebut Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Bupati Mempawah, Hj. Erlina, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah, Staf Ahli Pangdam XII/Tpr, Dandim 1201/Mph, Kapolres Mempawah, sejumlah SOPD dan lain-lain. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *