Kesiapsiagaan Koopsau Salah Satu Inti Kekuatan Udara

oleh

Kuburaya,BorneoneTV.Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna,S.E.,M.M mengatakan Kesiapsiagaan Koopsau sebagai salah satu inti dari kekuatan udara.

“Untuk itu, Koopsau harus mampu menyiapkan kemampuan personel maupun alutsista sehingga dapat dioperasikan setiap saat, sesuai dengan eskalasi ancaman yang terjadi,” kata Kasau, Senin (17/6) saat upacara peringatan hari ulang tahun ke-68 Komando Operasi TNI Angkatan Udara¬† dalam amanat yang dibacakan Kadisops Lanud Supadio Kolonel Pnb Sidik Setiyono, S.E., selaku Inspektur Upacara Bendera 17-an di Apron Hangar Lama Lanud Supadio, Pontianak.

Upacara yang penuh khidmat itu, diikuti seluruh anggota Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Skadron Udara 51, Batalyon Komando 465  Paskhas, Denhanud 473 Paskhas baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil.

Kasau juga menegaskan bahwa dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan tersebut, TNI Angkatan Udara mengambil langkah-langkah kebijakan strategis, salah satu diantaranya adalah mengembangkan organisasi di wilayah timur Indonesia, yakni pembentukan Koopsau III yang bermarkas di Biak, Papua.

Selain itu, TNI Angkatan Udara juga membentuk Skadron-skadron Udara baru, antara lain Skadron Udara 27 di Lanud Manuhua, Biak dan Skadron Udara 33 di Lanud Sultan Hasanudin, Makassar Sulawesi Selatan.

“Penambahan organisasi TNI Angkatan Udara tersebut sejalan dengan rencana strategis TNI untuk mewujudkan sinergitas dan interoperabilitas kekuatan yang dimiliki oleh tiga angkatan, sehingga kekuatan-kekuatan tersebut dapat digunakan dengan lebih efektif dan efisien,” ujarnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *