Wagub Kalbar Ajak Pemkab Kubu Raya Dukung Program Pembangunan Kalbar

oleh

Kuburaya,BorneoneTV.Wakil Gubernur Kalbar H .Ria Norsan mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya untuk mendukung program pembangunan provinsi dalam RPJMD Provinsi Kalbar Tahun 2018-2023.

Dalam pencapaian visi dan misi kami ”Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat Kalbar Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan” telah ditetapkan tujuan dan target yang perlu didukung oleh pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan kewenangan untuk mencapainya,” kata H Ria Norsan, Rabu (26/6), saat membuka Musrenbang RPJMD Kabupaten Kubu Raya di Qubu Resort.

Dikatakannya, Indeks Infrastruktur ditetapkan naik menjadi 71, 84 persen pada tahun 2023 dengan kondisi awal di tahun 2018 sebesar 56,61 persen. Adapun komponen indeks infrastrukur ini meliputi jalan dalam kondisi mantap, irigasi dalam kondisi mantap, rumah tangga bersanitasi dan memiliki air bersih serta rasio elektrifikasi.

Kemudian,terkait pencapaian misi Mewujudkan tata kelola pemerintahan berkualitas dengan prinsip-prinsip Good Governance pada tahun 2023 saya targetkan Indeks Reformasi Birokrasi Kalimantan Barat menjadi A Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) juga A dengan kondisi awal saat ini keduanya sudah bernilai B.

Terkait pencapaian misi mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif, dan inovatif, Indeks Pembangunan Manusia Kalimantan Barat saya targetkan menjadi 70,78 pada tahun 2023, dimana sampai dengan tahun 2018 lndeks Pembangunan Manusia Kalimantan Barat baru mencapai 66,98.

Untuk Mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana misi keempat kami, untuk mencapai kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan perekonomian dan pengurangan kesenjangan. Ditargetkan pada Tahun 2023, Ekonomi Kalimantan Barat tumbuh sebesar 6,15 persen, Gini Rasio menjadi 0,27. Tingkat Pengangguran Terbuka menjadi 3,07 persen dan Angka Kemiskinan menjadi 5,00 persen. Serta jumlah Desa Mandiri pada tahun 2023 ditargetkan meningkat menjadi 425 desa.

Disisi lain, untu Mewujudkan masyarakat yang tertib yang ditandai dengan Konflik Sosial yang terjadi, saya berharap hingga tahun 2023 tidak ada Konflik Sosial yang terjadi di Kalimantan Barat. Karena stabilitas keamanan dan ketertiban dimasyarakat merupakan modal dasar untuk pelaksanaan pembangunan.

Mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan, saya targetkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup menjadi 66,8 pada tahun 2023.
Penetapan angka target tersebut, tentunya akan dapat dicapai apabila kita saling bergandeng tangan bersama-sama dari seluruh komponen daerah, merapatkan barisan untuk bekerja lebih giat dan lebih serius lagi dengan menetapkan program dan kegiatan yang secara signifikan berpengaruh langsung terhadap pencapaian target.

Sebagai contoh misalnya untuk mencapai Desa Mandiri menjadi 425 desa merupakan target yang berat apabila dikerjakan hanya oleh Pemprov Kalbar, Seehingga saya sudah menetapkan Peraturan Gubernur mengenai percepatan pencapaian Desa Mandiri, dimana salah satu isinya adalah mengatur mengenai pembagian tugas penyelesaian indikator pembentuk dari Desa Mandiri meliputi Kewenangan Provinsi, Kabupaten! Kota dan Desa.

Selanjutnya terkait peningkatan Indeks Pembangunan Manusia yang saya sampaikan tadi, mulai tahun 2019 telah diberikan beasiswa kepada seluruh siswa siswi SMA dan SMK di Kalbar.

Selain itu juga skema peningkatan kualitas pendidikan juga akan dilakukan melalui Pembangunan SMA dan SMK Unggulan disetiap Kabupaten/Kota. Terkait peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan melalui Pemekaran Daerah baik itu
Pemekaran Provinsi maupun Kabupaten.

“Kami juga meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga Pemekaran Daerah sebagai upaya kita bersama meningkatkan dan memeratakan pembangunan daerah dapat terwujud,” ingatnya.

Dijelaskannya, semua hal yang di sampaikan ini,  baik itu target dari tujuan pembangunan maupun program prioritas kami, dalam pencapaiannya pada tahun 2023 nanti kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk dapat melakukan sinkronisasi dalam dokumen RPJMD Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019-2024. (Lay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *