Sekda Kalbar Harapkan Kabupaten Mempawah Jadi Barometer Percontohan

oleh

Mempawah,BorneoneTV.Sekda Kalbar A.L Lesandry mengharapkan Kabupaten Mempawah sebagai salah satu barometer bagi Kabupaten/Kota di Provinsi Kalbar.

“Saya harapkan Kabupaten Mempawah dapat selalu menjadi contoh bagi daerah yang lain, baik dalam hal pelayanan publik, pembangunan infrastruktur maupun tata kelo|a pemerintahan, berarti Kabupaten Mempawah harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para stakeholder dan masyarakat itu sendiri,” kata A.L Lesandry, Kamis (4/7), saat menghadiri Hari Jadi Ke 60 Kabupaten Mempawah.

Karena bagi masyarakat luar, masih kata mantan Sekda Kabupaten Sanggau, Kabupaten Mempawah merupakan cerminan salah satu Kabupaten yang dapat berinovasi di Kalimantan Barat, khususnya dengan adanya proyek pembangunan pelabuhan laut di wilayah pantai kijing menjadikan Mempawah sebagai jalur sutra baru.

Semua capain prestasi pembagunan yang telah berhasil dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah hingga saat ini handaknya dapat terus ditingkatkan sehingga dapat semakin meningkatkan citra dan prestasi Kabupaten Mempawah ditingkat regional Kalimantan Barat maupun ditingkat nasional.

“Suka cita parlu kita rasakan namun didalam memaknai arti hari jadi ini, kita semestinya kembali menyadari bahwa Kabupaten Mempawah terbentuk karena adanya harapan dari masyarakat mempawah untuk kemajuan dan perbaikan diri,” ujarnya.

Memperingati Hari Jadi secara filosofi bermakna retrosfektif yaitu dengan sebuah peringatan Hari Jadi kita berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah fondasi yang sangat bemiiai sebagai referensi.

“Menapaki masa kini dan masa depan,  introsfektif artinya peringatan Hari Jadi kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau introsfeksi diri; dengan demikian setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan,” ingatnya.

Prosfektif artinya melalui perayaan Hari Jadi kita berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan bedandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa me|upakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu.

“Saya dan rekan-rekan dari Pemerintah Kabupaten Mempawah sangat menyadari itu, sebagai penyelenggara pemerintahan akan terus berupaya mjalankan paradigma pemerintahan, yaitu mewujudkan clean government dan good governance untuk menwpai kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kemudian Sekda Kalbar juga meminta kepada Bupati selaku Kepala Daerah untuk mendata dan memetakan daerah diwilayahnya yang menjadi daerah rawan bencana alam dan rawan bencana sosial karena data yang akurat ini menjadi penentu keberhasilan kebijakan Bupati Mempawah dan Gubernur Kalimantan Barat. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *