banner 120x600

IPC Percepat Pembangunan Terminal Kijing

banner 120x600

Mempawah, BorneoneTV. Pembangunan Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, sebagai salah satu proyek strategis nasional progres  yang pengerjaan dilaksanakan PT.WIKA sudah mencapai 20 persen .diharapkan pada akhir tahun 2019 akan rampung secara bertahap , Terminal Kijing akan mulai beroperasi pada tahun 2020.

“Progres pembangunannya yang menelan biaya sekitar 5 trilyun rupiah lebih  semakin cepat, karena pembebasan lahan dan relokasi kerambah sudah dilaksanakan, ini membuat pembangunan Terminal Kijing atau pelabuhan Laut internasional Tanjung Pura tahap I diharapkan selesai sesuai rencana dan bisa mulai beroperasi tahun 2020,” kata Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya, saat melihat langsung perkembangan pembangunan Terminal Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (11/7).
Dalam kesempatan project visit ini, hadir pula Asisten Deputi Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) II Kementerian BUMN, Indriani Widiastuti serta Direktur Operasional Wjaya Karya (WIKA) Agung Budi Waskito.

Pembangunan Terminal Kijing tahap I meliputi terminal peti kemas di sisi laut seluas 1000 meter x 100 meter, lapangan operasional di sisi darat, serta trestle (jalan penghubung) sepanjang sekitar 3,5 Kilometer. Saat ini pembangunannya sudah pada tahap pemasangan tiang pancang dermaga dan trestle yang berada di sisi laut.

Elvyn mengatakan, terminal peti kemas yang sedang dibangun ini nantinya mampu menangani bongkar muat peti kemas sebanyak 1,95 juta TEUs setahun. Kapasitas terminal cair mencapai 12,1 juta ton per tahun, dan kapasitas curah kering 15 juta ton per tahun. Sedangkan kapasitas terminal multipurpose sebesar 1 juta ton per tahun.

“Sebagai salah satu pelabuhan laut internasional , nantinya Terminal Kijing akan menjadi gerbang utama ekspor/impor barang dari dan ke Kalimantan,” kata Elvyn.

Dengan besarnya potensi bauksit, CPO, timber, karet dan produk ikan di Kalimantan Barat ini, Terminal Kijing dirancang untuk memberikan kemudahan berbisnis one stop services bagi para investor, yang dilengkapi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) seluas kurang lebih 5,000 hektare. KEK tersebut akan dibangun secara bertahap.

“Harapan kami, semua produk ekspor Kalimantan Barat tidak perlu dikirim melalui pelabuhan lain di luar Kalimantan, karena nantinya ekspor/impor bisa langsung dilakukan melalui Terminal Kijing ini” lanjut Elvyn.(wuri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: