Kementerian LHK Salurkan Selang Bagi Damkar Swasta di Kalbar

oleh -95 views

Pontianak,BorneoneTV.Dalam rangka menunjang peran serta kelompok masyarakat dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Ditjen Pengedalian Perubahan Iklim melalui Direktorat Pengendalian Karhutla Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan bantuan selang Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta di Provinsi Kalbar, Kamis (11/7).

Pembagian selang bantuan dari Kementerian LHK untuk Damkar Swasta ini dipusatkan di kediaman Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Pontianak, Ateng Tanjaya, Jalan Parit Makmur, Siantan Hilir, Pontianak Utara.

Sebanyak 82 Yayasan/Perkumpulan/Unit Pemadam Kebakaran dari Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Singkawang, Sambas Landak, Bengkayang, Ketapang, dan Kayong Utara masing-masing mendapatkan 6 roll selang Damkar ukuran 2,5 inchi dengan panjang 20 meter.

Anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil Kalbar, Daniel Johan menungkapkan jika para petugas damkar swasta ini adalah pahlawan kemanusiaan.

Di Provinsi Kalbar memang memiliki sebuah keunikan dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki Damkar swasta terbanyak karena penanggulangan Kebakaran ini memang menjadi Tugas dan tanggung jawab Pemerintah.

“Damkar Swasta adalah mitra strategis pemerintah. Di Kalbar, kalau ada kebakaran baik permukiman maupun lahan, yang jadi Garda terdepan adalah Damkar Swasta,” kata Daniel Johan.

Diakui oleh Senator Senanyan, para petugas Damkar swasta memang sudah terlatih secara lapangan, SDM nya ada, peralatannya lebih banyak ketimbang dengan yang dimiliki Kabupaten/Kota yang ada.

“Ini ada 82 lembaga di Kalbar yang dapat bantuan dari Kementerian LHK. Tahun kita upayakan lebih banyak lagi. Damkar Swasta di Kalbar ada sekitar 100 an Damkar Swasta,” jelasnya.

Menurutnya, para damkar bukan hanya sudah berbuat baik kepada banyak orang dengan menyelamatkan nyawa dan harta masyarakat, tapi juga dengan mempertaruhkan nyawa sendiri.

Ditengah peran dan perjuangan damkar yang begitu besar untuk masyarakat, yang seharusnya menjadi peran dan tanggung jawab pemerintah, para damkar sangat minim bahkan tidak mendapat dukungan dan bantuan dari pemerintah.

“Kami berharap, bantuan yang diberikan oleh Pemerintah dapat dirawat dengan baik dan bisa bermanfaat bagi tugas-tugas damkar dalam mengabdi kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat Perencanaan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Mujiastuti menyatakan, pemberian bantuan selang ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada Damkar Swasta yang ada di Kalbar.

“Bantuan selang ini agar dapat digunakan sebagai sarana bagi Damkar Swasta untuk dapat mencegah kebakaran rumah agar tidak merembet ke hutan dan begitu juga sebaliknya, apalagi di Kota Pontianak dan sekitarnya lahannya gambut sehingga mudah menyebar kalau terjadi kebakaran di musim kemarau,” kata Mujilastuti.

Ketua Komunikasi Kebakaran Pontianak Ateng Tanja sangat menyambut baik pemberian bantuan selang bagi Damkar Swasta yang ada di Kalbar.

“Ada 82 Damkar swasta yang terdiri dari 52 Damkar Swasta dari Kota Pontianak, kemudian sisanya dari Kabupaten Kubu Raya, Singkawang, dan Kabupaten Sambas, yang masing-masing mendapatkan bantuan enam selang kualitas bagus sepanjang 120 meter,” kata Ateng Tanjaya.

Dijelaskannya, Bantuan ini akan mendukung upaya pemadam kebakaran swasta dalam mengatasi kebakaran yang terjadi di permukiman, lahan, maupun hutan di wilayah Kalbar.

“Selama ini, apapun aktivitas kami, ketika mendengar ada kebakaran, kami langsung meluncur ke lokasi ke untuk memadamkan kebakaran tersebut, baik kebakaran rumah ataupun karhutla,” katanya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *