Semarak Merah Putih Dari Perbatasan Entikong Untuk Indonesia

oleh

Entikong.BorneOneTV-Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 tahun Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan) menggelar berbagai kegiatan di wilayah perbatasan, salah satunya yang di laksanakan di Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan antara lain “Sosialisasi Bela Negara” terhadap warga perbatasan, dari lima Kecamatan antara lain Kecamatan Noyan, Kecamatan Balai Karangan, Kecamatan Bedui, Kecamatan Kembayan dan Kecamatan Entikong yang dilaksanakan di Kantor Camat Entikong, Kabupaten Sanggau, pada hari Jumat (16/8/2019).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi tersebut dihadiri oleh Kakanwil Kemhan Kalbar Brigjen TNI Binarko Sugihantyo yang mewakili Dirjen Pothan Prof Dr Ir Bondan Tiara Sofyan beserta jajaran, Wakil Bupati Kabupaten Sanggau, Kapolres Sanggau yang diwakili oleh Kapolsek Entikong, jajaran unsur Muspika dan Muspida Kab.Sanggau.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diberikan pemahaman tentang Bela Negara yang bertujuan untuk menumbuhkan nilai kebangsaan, semangat patriotisme dan nasionalisme.

Selain itu, masyarakat juga mendapatkan pemahaman terkait bahaya nakoba, ancaman radikalisme dan terorisme.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Kalbar, Brigjen TNI Binarko Sugihantyo membacakan amanat dari Dirjen Pothan Prof Dr Ir Bondan Tiara Sofyan.M.Si mengatakan,”Sosialisasi dilakukan karena Kita ingin pembangunan bukan secara fisik saja, tapi adalah karakter masyarakat, sehingga benteng itu bukan hanya sarana dan prasarana saja. Tetapi kita ingin memberikan motovasi yang lebih kepada masyarakat tetang semangat patriotisme.

“Kita semangati masyarakat,biarpun berada diperbatasan namun masyarakat harus tetap mempunyai nilai kebangsaan,patriotisme, nasionalisme yang lebih dari masyarakat yang lain.”Ucap Brigjen TNI Binarko Sugihantyo.

Selain di perbatasan Entikong, pihak Ditjen Pothan Kemhan RI juga memprioritaskan kegiatan perayaan HUT RI Ke- 74 di lima wilayah perbatasan. Dan perayaan HUT RI ke 74 di perbatasan Entikong merupakan yang paling ramai,” Ucap Brigjen TNI Binarko Sugihantyo

Dalam perayaan HUT RI ke 74 kali ini, pihak Ditjen Pothan Kemhan RI memberikan bantuan bagi masyarakat perbatasan yang disesuaikan dengan kebutuhannya, antara lain 2 unit genset, 2 unit Jet Pum, sarana dan prasarana olah raga, serta bantuan paket sembako untuk 450 warga perbatasan.

Perayaan HUT RI Ke 74 di Perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau juga akan terasa berbeda, dimana pada saat detik- detik Proklamasi akan dikibarkan bendera terlebar, serta acara pelepasan 1250 balon merah putih oleh peserta upacara, sehingga suasana pada perayaan HUT RI kali ini, akan terasa berbeda dan lebih semarak, sesuai tagline”Semarak Merah Putih di Perbatasan Entikong Menuju Indonesia Satu”.”Tuturnya.

Menurut Wakil Bupati Kab.Sanggau Drs.Yohanes Ontot,M.Si,” Masyarakat perbatasan merupakan benteng dalam mempertaruhkan negara dari berbagai acaman, sehingga masyarakat di perbatasan harus diberikan bekal tentang pemahaman bela negara.”Ujarnya.

Untuk itu kita perlu secara terus menerus melakukan pembinaan terhadap masyarakat perbatasan. Dan yang paling penting adalah bagaimana masyarakat bisa memahami tetang dirinya sebagai warga negara Indonesia untuk mencintai bangsa dan negara nya.”Kata Wabup Sanggau Drs. Yohanes Ontot,M.Si.

Suksesnya kegiatan perayaan HUT RI Ke-74 di perbatasan Entikong kali ini, berkat adanya kerjasama yang baik antara pihak Ditjen Pothan Kemhan RI, Pemda Kab.Sanggau, unsur Muspika Kecamatan Entikong, TNI/POLRI serta dukungan kuat dari seluruh lapisan masyarakat perbatasan Entikong. (Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *