banner 120x600

Gubernur Kalbar Segera Umumkan Perusahaan Karhutlah

banner 120x600

Pontianak.BorneOneTV-Gubernur Kalbar H Sutarmidji dalam waktu dekat akan mengumumkan perusahaan perkebunan yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan (Karhutla) yang berdampak menimbulkan kabut asap di Kalbar.

“Besok saya akan umumkan perusahaan perkebunan yang melakukan pembakaran baik yang diberikan teguran, disegel, perusahaan yang akan diproses secara hukum. Jangan dipikir orang kita hanya mengertak saja,” kata H Sutarmidji dalam sambutan Seminar Industri Kelapa Sawit Indonesia, di Hotel Golden Tulip, Rabu (11/9).

Lanjutnya, kabut asap yang menyelemuti daerah Kalbar dalam beberapa pekan terakhir ini disebabkan pihak perusahaan perkebunan tidak menjaga lahan mereka dengan baik bahkan dirinya beranggapan dengan sengaja membakar lahan mereka. Ia pun menepis tudingan yang menyalahkan masyarakat ladang berpindah, sebab saat ini banyaknya titik api muncul di area lahan perusahaan perkebunan.

“Asap hari ini tidak bisa disalahkam masyarakat ladang berpindah, karena hari ini ada 103 titik api titik kordinatnya itu ada dilahan perkebunan dan HTI. Itu faktanya satelit yang punya data,” kesalnya.

Tak hanya itu saja, dirinya akan mengusulkan kepada presiden akan mengusulkan pencabutan izin perkebunan dan HTI jika pihak perusahaan terbukti telah melakukan pembakaran lahan. Sebab kebakaran karhutlah ini sudah menganggu aktivitas masyarakat.

“Saya akan ngomong sama presiden akan mengusulkan pencabutan beberapa izin perusahan, kalo tidak begitu tidak akan genah,” tegasnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: