Ketua Forum Ikatan Tani Kabupaten Sintang Mengecam Keras Pernyataan Wiranto

oleh

Sintang,BorneOneTV-Menyikapi pernyataan Bapak Wiranto selaku kemenko Polhukam RI di salah satu media Nasional yang menyatakan bahwa para peladang penyebab utama terjadinya kabut asap, khususnya di Kabupaten Sintang, menuai kritik pedas dari ketua lembaga forum tani Kabupaten Sintang, Selasa 17/09/2019.

Kami masyarakat Dayak sudah berladang berpindah pindah sejak jaman sebelum adanya negara Republik Indonesia, dan perlu di ketahui bahwa para petani di pelosok tetap menjaga kearipan lokal dalam melaksanakan pembakaran ladang,,sehingga sangat jarang terjadi kebakaran meluas ke lahan yang bukan di peruntukan untuk berladang, dan luas lahan juga sekitar 2 ha per kk nya, jadi pernyataan bapak Wiranto sama sekali tidak beralasan yang menyatakan para peladang penyebab terjadinya kabut asap.

Sementara selama ini kami dari himpunan tani juga tidak pernah di bawa koordinasi oleh pihak Kapolres, Kejaksaan, dan pihak terkait lainnya dalam mengatasi permasalahan kabut asap yang sedang terjadi di kabupaten Sintang,,kalau kita harus jujur,,bahwa penyebab asap yang utama adalah kebakaran lahan gambut, asap asap yang di keluarkan oleh pabrik pabrik besar yang beroperasi seperti salah satu contoh pabrik sawit yang sudah menjamur di Kabupaten Sintang.

Selama ini kami para petani/peladang hanya di jadikan kambing hitam dalam menutupi bobroknya perusahaan-perusahaan sawit yang mana ijinnya di keluarkan oleh para penguasa. ujar Kadius Saitun S.H, dengan nada kesal ( ysi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *