dr.H.Jarot Winarno di percaya menahkodai HKTI kabupaten Sintang periode 2019 -2024

oleh

 

Sintang, BorneOneTV. dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH dipilih untuk menjadi nahkoda Himpunan kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Sintang periode 2019-2024.

Pelantikan di pimpin langsung nb oleh Edy Suyanto, Ketua Dewan Pimpinan Provinsi  Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP HKTI) Kalimantan Barat.di Pendopo Bupati Sintang, Kamis (03/10/2019).

Jarot mengatakan bahwa Kabupaten Sintang menggantungkan diri pada 3 komoditas utama yaitu karet, sawit dan sahang atau lada namun masih dalam jumlah kecil, saat ini kata Jarot, Kabupaten Sintang harus bergeser dari ekonomi yang ekstraktif ke ekonomi yang lebih kreatif.  Karena itu, Ia berharap kelak, lahan-lahan di Kabupaten Sintang dapat digunakan untuk pertanian yang kreatif.

Sementara itu, Edy Suyanto, SE selaku Ketua Dewan Pimpinan Provinsi  Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP HKTI) Kalimantan Barat mengungkapkan bahwa Ia merasakan ada harapan dibawah kepemimpinan Jarot HKTI dapat menjadi institusi yang dapat menjembatani para petani dengan para pemangku kepentingan (stakeholder). “Stakeholder tersebut adalah Mitra strategis kita adalah pemerintah, kedua yaitu dengan pembeli atau pelanggan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu pula, Edy menyampaikan harapannya agar HKTI dapat menjadi agent of change, pelopor perubahan dan menjadi revolusi untuk para petani.

Sementara itu, Dewan Pakar DPN HKTI Mayjen TNI (Purn.) Winston P. Simanjuntak yang dalam hal ini mewakili Ketua HKTI, Jenderal TNI (Purn.) DR Moeldoko dalam kata sambutannya mengatakan bahwa ada  5 (lima) persoalan yang harus HKTI menjadi solusi yaitu kepemilikan lahan petani, kondisi tanah yang rusak akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, aspek permodalan dan lemahnya manajemen petani, penguasa teknologi dan inovasi dan pasca panen yang sering bermasalah.

Turut hadir pada kesempatan itu jajaran pengurus DPN HKTI, DPP HKTI Provinsi Kalbar, DPK HKTI Kabupaten Sintang, unsur OPD dan Forkopimda Kabupaten Sintang, ( ysi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *