Tokoh Perbatasan Apresiasi Perjuangan Pemda atas Pembangunan PLBN Tipe B

oleh

Sintang, BorneOneTV._ Apresiasi di berikan tokoh masyarakat perbatasan kepada Pemda Kabupaten atas perjuangan terhadap pembangunan PLBN Sei Kelik yang pada awalnya progres pembangunannya dengan tipe C, akhirnya di setujui oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia akhirnya memutuskan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik Kecamatan Ketungau Hulu akan dibangun dengan tipe B.

Kepastian pembangunan PLBN Sungai Kelik tipe B tersebut tertuang surat Nomor: 86.00/2017/IX/2019 tanggal 25 September 2019 dari Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Republik Indonesia yang ditujukan kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR bertempat di Jakarta 25 September 2019 lalu. Dalam surat tersebut, Pelaksana Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan Dr. Suhajar Diantoro, M. Si memberikan arahan agar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia agar melakukan penyesuaian masterplan PLBN Sungai Kelik dari tipe C ke tipe B.

Dengan demikian, maka PLBN Sungai Kelik akan berfungsi sebagai kepabeanan (customs), keimigrasian (immigration), karantina (quarantine) dan keamanan (security). PLBN Sungai Kelik juga akan menjadi lalu lintas barang dan orang. PLBN Sungai Kelik akan mengadopsi model rumah betang sebagai identitas arsitektur tradisional khas Kalimantan Barat.

Keberadaan PLBN itu tentu sangat membantu untuk meminimalisir penggunaan jalur ilegal yang selama ini sering terjadi, dengan pembangunan PLBN tipe B tentu ke depan akan menambah pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat khususnya di perbatasan. ( ysi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *