Peringatan Hari Santri Nasional 2019 Berlangsung Meriah di Kabupaten Sekadau

oleh

Sekadau, BorneoOneTv – PCNU Sekadau menggelar kegiatan dalam rangka Memperingati Hari Santri Nasional 2019, Di Kabupaten Sekadau 922/10/2019). Ketua panitia kegiatan Akhmad Adi Fuadi menjelaskan ada 5 kegiatan utama yang dilaksanakan pada peringatan tersebut.

Diawali dengan Halaqoh Alim Ulama Sekadau pada 21 Oktober 2019, kegiatan dilanjutkan dengan Apel Akbar 1000 Santri di halaman Mapolres Sekadau, Tabligh Akbar Bersama Habib Ridho Bin Yahya dan di tutup dengan Ziarah Makan Pahlawan, Selasa 22 Oktober 2019.

Ia pun menyebut kegiatan yang dihadiri lebih dari 2000 orang itu berlangsung dengan aman dan lancar.

Sementara pada pelaksanaan Apel Akbar yang dilangsungkan di halaman Mapolres Sekadau. Bupati Sekadau yang diwakili  Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Fendy menyampaikan menjadi santri adalah menjadi Islam yang cinta negara. Menjadi muslim yang religius, menjadi Santri yang berakhlakul karimah dan sekaligus nasionalis sebagaimana diteladankan oleh para Kiai, para Ajengan, dan oleh para Ulama.

Dimasa sekarang, pesantren dan para santri dituntut untuk mampu berinovasi dan terus meningkatkan kemajuan baik dalam pembelajaran, kemandirian ekonomi serta menyikapi perkembangan teknologi dan informasi.

Tak hanya itu menurutnya, santri juga harus mampu mempertahankan nilai-nilai moderasi serta memiliki kesadaran terhadap Globalisasi. hal ini merupakan sesuatu yang patut di perhatikan oleh para santri dalam menyikapi arus informasi yang deras dan bahkan tanpa kontrol seperti sekarang ini.

“Peringatan Hari Santri Nasional bukan saja perwujudan rasa syukur, penghormatan dan penghargaan kita terhadap santri dan ulama yang telah ikut  serta berjuang mengusir penjajah. Tetapi juga momentum penting bagi kita bangsa Indonesia untuk memupuk dan menumbuhkembangkan semangat rasa cinta tanah air,” ujar Fendy.

Selanjutnya Rois Syuriah PCNU Kabupaten Sekadau KH. Muhdlar, saat ditemui usai mengikuti Tabligh Akbar menyampaikan sebagai Ormas yang selalu mendukung keberagaman di Kabupaten Sekadau. Nahdlatul Ulama memiliki peran penting dalam perkembangan para santri dalam menangkal paham radikalisme dan intoleran.

Ia berharap para santri dapat menangkal paham radikalisme dan sikap intoleran dimasyarakat sehingga tidak hanya terus maju dan berkembang tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Kita berharap para santri mampu menangkal segenap radikalisme di Kabupaten Sekadau. Jangan sampai radikalisme tumbuh dan berkembang di Sekadau. Karena sesungguhnya satu dan lainnya sama. Walaupun beda suku beda agama,” tutupnya. [Krisantus]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *