Tito Karnavian Serahkan Panji Tribrata Polri Kepada Idham Azis

oleh

Depok.BorneOneTV-Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Muhammad Tito Karnavian menyerahkan Panji Tribrata Polri kepada Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Kepolisian Republik Indonesiia (Kapolri) di Lapangan Mako Brimob Cimanggis, Depok, Rabu (6/11).

Jenderal Pol (Purn) Muhammad Tito Karnavian selanjutnbya dipecayakan oleh Presden Joko Widodo untuk menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, sementara, Jenderal Pol Idham Azis sebelum menjabat Kapolri adalah sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

Sertijab Kapolri ini ditandai dengan Upacara Tradisi Serah TerimaPanji-Panji “Tri Brata” Kapolri dan tradisi pengantar tugas yang digelar di Lapangan Mako Brimob Polri, Depok.

“Upacara tradisi ini merupakan simbol beralihnya estafet kepemimpinan prosesi yang sudah berjalan sejak penunjukan Bapak Presiden memerintahkan kepada kami,” ujar Kapolri Jenderal Idham Azis dalam sambutannya.

Dia berjanji akan melanjutkan program yang telah dicanangkan Kapolri sebelumnya yang kini menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “Saya akan melanjutkan seluruh program yang dicanangkan Bapak Mendagri, Kapolri sebelumnya saya memantapkan soliditas TNI-Polri sebagai bagian pilar NKRI yang telah mengkristal untuk mengawal NKRI ini,” janjinya.

Jenderal Pol Idham Azis meminta restu para hadirin yang datang dalam upacara pagi tadi agar jabatan barunya ini dapat diemban dengan baik. “Saya sadar betul, tanpa bantuan bapak ibu sekalian tidak mungkin polisi bisa berjalan sendiri.”

Kepada Bapak Mendagri, kami ucapakan selamat bertugas di tempat yang baru. Institusi Polri akan membackup bapak sepenuhnya akan memberikan pengamanan di mana pun kita berada, untuk kita bekerja sama membawa NKRI ini aman tentram.

Ditambahkan mantan Kabareskrim ini, jabatan baru ini merupakan amanah. Idham akan bertanggung jawab atas amanah tersebut. “Amanah ini merupakan tanggung jawab dan saya akan wakafkan diri saya selama 14 bulan ke depan untuk memberikan pengabdian terbaik kepada institusi Polri,” katanya.

Sementara itu, mantan Kapolri sekaligus Mendagri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian mengucapkan selamat kepada Jenderal Pol Idham Azis. Dia juga mengingatkan tugas sebagai Kapolri tidak akan mudah.

“Saya juga ucapkan selamat bertugas pada rekan saya Kapolri Jenderal Idham Azis, penugasan ini amanah dari Allah yang disampaikan melalui Pak Presiden. Tantangan tugas ke depan saya yakin sudah dinilai cukup berat,” ucap Jenderal Pol (Purn) Muhammad Tito Karnavian.

Tito mengingatkan Idham soal Pilkada 2020 di 170 daerah, PON di Papua dan potensi gangguan Kamtibmas di tengah dinamika bermasyarakat. Dia juga menyerahkan tugas-tugas yang belum selesai kepada Idham.”Banyak tugas-tugas diselesaikan, namun banyak juga kerjaan yang belum selesai di masa saya, karena itu saya percaya Kapolri baru dapat selesaikan tugas-tugas yang belum selesai,” ia menambahkan. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *