Sekda Menyambut Baik Program Dari Pemerintah Pusat

oleh

Sekadau. BorneoneTV – Dalam Rangka Apel Besar 3 Pilar dengan tema Meningkatkan Sinergitas 3 Pilar (BHABINKAMTIBMAS, BABINSA, KEPALA DESA) yang Bertempat di aula Hotel Vinca Bormeo, Komplek Terminal Lawang Kuari, Jl. Mawar, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir. (28/11/2019).
Guna Mendukung Program Desa Mandiri Dalam Rangka Terwujudnya Kamtibmas Yang Kondusif Di Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat.

Desa Mandiri merupakan program prioritas pembangunan yang dicanangkan di Kalimantan Barat dengan tujuan percepatan dalam pembangunan infrastruktur, pembangunan tata kelola pemerintahan berkualitas dengan prinsip-prinsip good governance.

Pembangunan kualitas hidup masyarakat, pembangunan kesejahteraan masyarakat, pembangunan ketertiban masyarakat, Gakkum, peningkatan kesadaran hukum dan HAM serta pengembangan sistem penanggulangan bencana guna terbangunnya harmonisasi antar kelompok masyarakat di Kabupaten Sekadau.

Indikator sosial tentang Desa Mandiri diantaranya yaitu keamanan, pendidikan, solidaritas, kesehatan, toleransi, kesejahteraan, dan permukiman.

Langkah Polres Sekadau dalam mendukung progres pembangunan di Kabupaten Sekadau diantaranya:

a. Kegiatan preemtif : peningkatan kesadaran / ketaatan hukum masyarakat, peningkatan perlindungan / pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan kebersamaan / Harmonisasi antar kelompok masyarakat dalam rangka mencegah konflik.

b. Kegiatan Preventif : bekerjasama dengan Pemda dalam rangka pembangunan lingkungan hidup masyarakat, bekerjasama dengan Pemda dalam penanggulangan pencegahan bencana.

c. Kegiatan Represif : melakukan penegakan hukum terhadap terhadap pelaku / pelanggar kejahatan baik secara koorporasi maupun perorangan.

Dengan pelaksanaan apel besar 3 Pilar ini dapat lebih meningkatkan prioritas pembangunan terutama dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Sekadau

Dalam kegiatan tersebut Dirreskrimum Kombes Pol. Veris Septiansyah, S.I.K., M.Si, M.H sebelum membacakan amanat Kapolda Kalbar menyampaikan sambutan :

Apel 3 Pilar tidak hanya di laksanakan di Kabupaten Sekadau namun di seluruh Kabupaten / Kota Provinsi Kalimantan Barat;

Keberadaan 3 Pilar menjadi tonggak suatu perkembangan daerah karena kalau tidak ada 3 Pilar perkembangan daerah tidak dapat didukung;

Di Kabupaten Sekadau sudah terdapat 4 Desa masuk kategori Desa Mandiri, harapan Gubernur Kalbar agar semua Desa bisa menjadi Desa Mandiri.

Dalam Sambutan nya Dirreskrimum Polda Kalbar Kombes Pol. Veris Septiansyah, S.I.K., M.Si, M.H, membacakan Amanat Dari Polda Kalimantan Barat mengenai Peran 3 Pilar.

Peran 3 pilar sangat strategis dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di masyarakat, sekaligus kesiapan dalam rangka mendukung pembentukan Desa Mandiri yang harus dipersiapkan dengan semaksimal mungkin.

Jumlah Desa di Kalimantan Barat berjumlah 2.031 Desa yang diklasifikasikan dalama beberapa desa yaitu : 4,3 % sebanyak 87 Desa Mandiri; 9,3 % sebanyak 188 Desa Maju; 37,8 % sebanyak 781 Desa Berkembang; 36,5 % Desa Tertinggal; dan 10,1 % sebanyak 208 Desa Sangat Tertinggal.

Keberadaan 3 Pilar yang berada di Desa sangatlah penting dalam pembangunan Desa Mandiri yang menjadi program unggulan Gubernur Kalbar 5 tahun kedepan.

Desa Mandiri adalah Desa yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak semata – mata hanya memerlukan bantuan, tetapi mampu mengatur Desanya dan mengatur potensi yang ada di Desanya.

Ada 3 indek menentukan Desa Mandiri yaitu ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi.

Dari 3 indeks tersebut ada 50 indikator yang didalamnya terdapat bagian tugas pokok Polri yaitu berkaitan bidang keamanan, salah satu indeks tersebut mewujudkan keberadaan Poskamling serta mengaktifkan kembali Siskamling yang didukung oleh lembaga – lembaga yang ada di Desa tersebut dalam pengelolaan konflik di Desa atau dengan pembentukan FKPM.

Sebagai pelayan dan pelindung masyarakat kita harus mampu menjaga situasi kamtibmas, mengingat banyak kejadian tingkat Nasional yang mengancam Kamtibmas dan dapat berimbas di Wilayah Kalimantan Barat.

3 Pilar juga harus berperan aktif, melakukan sambang kepada tokoh – tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lain – lain agar tidak mudah terprovokasi dengan situasi yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat, situasi yang dapat mengganggu tumbuh berkembangnya kemandirian desa dalam kehidupan warga masyarakat di dalamnya.

Perkembangan teknologi berimbas pada penyebaran informasi yang sangat mudah diakses. Hal tersebut justru dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita bohong, untuk itu harapannya kepada 3 Pilar untuk dapat meliterasi masyarakatnya agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial,

Ajarkan masyarakat untuk melakukan 4C, check, recheck, cross check dam final check terhadap berita – berita yang tersebar terlebih lagi yang menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan yang dilatar belakangi oleh suku, agama, rasdam golongan di Kalimantan Barat.

Sambutan Pabung Kodim 1204 Sanggau Mayor Arh. M.A. Setiawan, diharapkan menuju desa mandiri dapat segera terealisasi.

3 Pilar selalu berkoordinasi terhadap potensi yang ada di wilayah binaannya. Apabila terkoordinasi dengan baik desa mandiri dapat tercapai.

Sambutan Sekda Kabupaten Sekadau Drs. Zakaria, M.Si, 3 Pilar adalah 3 komponen yang menggerakkan dan menciptakan desa mandiri. Untuk membangun desa mandiri harus di kerjakan bersama – sama.

Terdapat 50 indikator dalam membangun desa mandiri, namun harus diawali dengan 15 indikator kecil yang diselesaikan desa, selanjutnya 15 indikator sedang dikerjakan tingkat Kabupaten sedangkan sisanya oleh Provinsi.

Sekadau sudah mulai terbentuk 4 desa mandiri. Kedepan di tahun 2020 akan ada reward bagi desa mandiri berupa pembangunan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi terhadap peserta apel 3 Pilar (Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibas) oleh Ditbinmas Polda Kalbar.

Kapolres Sekadau dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada ketua tim Direktur Reskrimum Kombes Pol. Veris Septiansyah, S.I.K., M.Si, M.H.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Dirreskrimum Polda Kalbar Kombes Pol. Veris Septiansyah, S.I.K., M.Si, M.H, Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H, Sekda Sekadau Drs. Zakaria, M.SI, Kasubdit Satpam Polsus Direktorat Binmas Polda Kalbar AKBP Mariono, Pabung Kodim 1204 Sanggau Mayor Arh. M.A. Setiawan, Wakapolres Kompol F. Situngkir, S.I.K,

Kadis Pemberdayaan Desa Kabupaten Sekadau Drs. Bayu Dwi Harsono, M.Si, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Sekadau Matius Jon, S.Pd, Ketua MUI Kyai H. Muhdlar, S.Pdi, MM, Wakil Ketua DAD Paulus Lion, BA, Wakil Ketua MABM H. Zulkifli, S.Pd, M.Pd, PJU Polres Sekadau, Para Camat, Kapolsek, Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Sekadau. (Krisantus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *