Akibat Banjir Bandang di Kabupaten Sekadau, Warga Tidak Mendapat Pasokan Air Bersih

oleh

Sekadau, BorneOneTV – Pipa induk PDAM Sirin Meragun Kabupaten Sekadau rusak parah diterjang banjir bandang berapa hari lalu. Dahsyatnya terjangan banjir membuat pipa terlipat dan hanyut.
Ditemui di kantor PDAM, Senin (9/12), Direktur PDAM Sirin Meragun, Yok Kelak mengatakan, saat ini pipa tersebut sedang dalam proses perbaikan.
Terkait berapa lama proses perbaikan, Yok menyebut sedang mengupayakan, mengingat hari raya Natal tinggal menghitung hari.
“Kalau ditanya kapan selesainya kami belum bisa memberikan konfirmasi, karena kita sedang lagi mengusahakannya,” ujarnya.
Dia menuturkan, kendala di lapangan saat memperbaiki pipa tidak hanya masalah teknis saja. Petugas pun harus menghadapi rintangan alam seperti melewati beberapa sungai yang berarus deras.
“Kalau sungainya musim sekarang banjir, kita pun tidak bisa menyeberang. Lagi pula kita berkerja di badan sungai juga, apalagi banjir bandang, kondisi itu kalau air sudah mulai bergerak kita harus berlari. Jadi itu yang membuat saya tidak bisa memprediksi,” ungkapnya.
Yok menjelaskan, PDAM Sirin Meragun memasok air bersih ke tiga kecamatan, Yakni Kecamatan Nanga Taman, Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir. Sekitar 7. 000 pelanggan di tiga wilayah itu tidak mendapatkan pasokan air bersih hingga beberapa hari kedepan.
“Jadi hampir (pelanggan) 7.000 an ini terkoneksi dalam satu instalasi kita. Kalau sudah putus di induk ini, 7.000 ini putus semua,” tuturnya. (Krisantus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *