Warga di Dua Desa Kecamatan Rasau Jaya Terima Sertifikat Tanah Secara Gratis

oleh

Kubu Raya ,BorneOneTV – Sejumlah Warga Desa Bintang Mas Dua dan Desa Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya menerima sertifikat tanah secara gratis dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional(ATR/BPN) di Pontianak Convention Centre, Kota Pontianak, Senin (9/12).
Pada kesempatan ini, pemerintah juga menyerahkan sertifikat tanah kepada ribuan masyarakat Kalbar lainnya.

Kades Pematang Tujuh, Khoeruddin mengatakan, program redistribusi tanah ini biayanya ditanggung pemerintah pusat dan diberikan secara gratis kepada masyarakat. “Namun untuk tahap pra-permohonan diperlukan biaya pada tingkat Kelurahan dan Desa berupa biaya meterai dan biaya patok saja,” jelasnya.

Dia menambahkan, selama ini tidak ada kendala berarti dalam penyelesaian administrasi untuk program tersebut. Hanya saja, masyarakat terkadang enggan melengkapi sejumlah persyaratan administrasi yang dibutuhkan oleh BPN. “Jadi tak jarang pula petugas dari BPN bolak-balik ke Desa untuk melengkapi persyaratan itu,” tuturnya.
Salah satu warga, Zainal Arifin mengaku senang menerima sertifikat tanah tersebut. “Diharapkan bisa dijadikan akses untuk mengembangkan usaha bagi para pemilik tanah.” katanya. (Ismail /dedi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *