Siaga Darurat Bencana Alam, Kodim 1203/Ketapang Gelar Apel Pasukan dan Perlengkapan

oleh
Para pemangku kepentingan usai menghadiri apel gelar pasukan dan perlengkapan Siaga Darurat Bencana Alam di Makodim 1203/Ktp, Jalan Letjen S. Parman, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Jumat (20/12). Istimewa.

Ketapang, BorneOneTV.com – Jumat (20/12),  Kodim 1203/Ketapang menggelar apel gelar pasukan dan perlengkapan Siaga Darurat Bencana  Banjir, Tanah Longsor dan Puting Beliung di Makodim 1203/Ktp, Jalan Letjen S. Parman, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang.

Apel tersebut dihadiri Kapolres Ketapang AKBP R. Siswo Handoyo, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M.Febriadi, Kepala BPBD Kabupaten Ketapang Yunifar Purwantoro, Kasdim 1203/Ktp Mayor Inf Dedi Indrawan, Basarnas Kabupaten Ketapang Sidik, Daops Manggala Agni Kabupaten Ketapang Fitrianingsih, dan Perwakilan BMKG Kabupaten Ketapang  Aqil serta Kepala seksi fasilitas kesehatan Ferdinan, dengan diikuti 300 orang peserta.

Kepala BPBD Kabupaten Ketapang Yunifar Purwantoro dalam amanat apel mengatakan, bencana alam terkadang datangnya tiba-tiba, namun demikian  harus tetap berupaya untuk meminimalisir  dampak yang terjadi atau biasa disebut mitigasi. “Hal itu tentunya menuntut kita untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana alam,” ujarnya.

Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Jami’an, Melalui Kasdim 1203/Ktp, Mayor Inf Dedi Indrawan menyatakan, salah satu tugas yang tercantum dalam UU RI No.34 Tahun 2004 tentang TNI dan Doktrin TNI AD “Kartika Eka Paksi” adalah melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). “Diantaranya membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan keadaan geografi dan data dari BNPB maupun BPBD wilayah korem 121 ABW ada beberapa daerah yang termasuk daerah berpotensi rawan bencana alam seperti banjir tanah longsor puting beliung. “Selain itu Apel ini bertujuan untuk membangun sinergitas dan mengkonsolidasikan Satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 1203/Ktp khsususnya dan pemerintah daerah pada umumnya,” tuturnya.

Pasi Ops Kodim, Kapten Inf Andri fitri berharap dengan digelarnya apel ini satuan pelaksanaan penanggulangan bencana alam Kodim 1203/Ktp maupun satuan penanggulangan bencana lainya baik dari TNI-POLRI, Pemda dan Organisasi peduli bencana lainya, dapat bergerak cepat, tepat dan efisiensi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Ketapang. (Kodim 1203/Ktp/ BorneOneTV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *