Dinas PMD Sekadau Gelar Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Bidang Manajemen

oleh
Bupati Sekadau Rupinus saat memberikan sambutan pada pelatihan aparatur pemerintah desa dalam bidang managemen tahun anggaran 2020 di ruang serbaguna kantor Bupati Sekadau. Kamis, (16/1). Istimewa.

Sekadau, BorneOneTV.com – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengadakan pelatihan aparatur pemerintah desa dalam bidang managemen tahun anggaran 2020 di ruang serbaguna kantor Bupati Sekadau. Kamis, (16/01).

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, berdasarkan surat ketua komisi pemberantasan korupsi (KPK) Republik Indonesia Nomor B. 7508/01-16/08/2016 tanggal 31 Agustus 2016 tentang himbauan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan Desa/ Dana Desa.

Untuk mewujudkan Undang-undang Desa serta amanat pemerintah pusat tersebut, Rupinus menyatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau setiap tahun terus menerus berupaya untuk membina desa dan perangkat desa melalui pelatihan, bimbingan teknis, kaji terap ke daerah yang maju. “Salah satu dari wujud pelaksanaan amanat tersebut adalah dilaksanakannya kegiatan pelatihan aparatur pemerintah desa tahun 2020,” ucapnya.

Lahirnya Undang-undang Desa, tidak lagi menempatkan desa hanya sebagai objek pembangunan tetapi Desa sudah dituntut sebagai subjek pembangunan. “Artinya Desa memiliki kewenangan dalam hal membangun, tentunya masih dalam koridor Negara kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Rupinus menuturkan, Desa yang dinahkodai oleh Seorang Kepala Desa bersama seluruh unsur Masyarakat diberikan kewenangan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengelola serta mengawasi pembangunan desa masing-masing melalui Musyawarah Desa. “Saya berpesan kepada seluruh peserta kegiatan ini untuk mengikuti kegiatan dengan benar-benar dan bersungguh-sungguh, agar dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan desa dapat berjalan baik dan bermanfaat bagi Masyarakat Desa,” ujarnya.

Peserta pelatihan terdiri dari 7 Camat, 87 Kepala Desa dan 87 Ketua BPD se-Kabupaten Sekadau. Pelatihan ini berlangsung hanya satu hari dengan dana pembiayaan bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Sekadau tahun 2020.

Hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut Bupati Sekadau Rupinus, Asisten I Setda Kabupaten Sekadau Fendy, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Bayu Dwi Harsono, dan Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa Syahdiman.(Krisantus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *