Kabupaten Ketapang Mencapai Level 3 Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Kapabilitas APIP

oleh

Ketapang, BorneOneTV.com – Inspektorat Kabupaten Ketapang bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menggelar Evaluasi Pelaksanaan Pengawasan Tahun 2019 dan Laporan Hasil Qaulity Assurance (QA) atas Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP serta Kapabilitas APIP, Selasa (21/1).
Evaluasi ini untuk melihat hasil pengawasan selama tahun 2019 yang telah dilakukan baik oleh BPK RI Perwakilan Kalbar, BPKP Perwakilan Kalbar, Inspektorat Provinsi Kalbar maupun Inspektorat Kabupaten. Ketapang.
Kemudian sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan di tahun 2020. Selain itu juga untuk melihat bagaimana pelaksanaan tindak lanjut dari Laporan Hasil Pemeriksaan dari aparat pengawas.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hasil Quality Assurance (QA) terhadap Maturitas Pelaksanaan SPIP dan Kapabilitas APIP pada Pemkab Ketapang oleh Kepala BPKP Perwakilan Kalbar. Hasil dari penilaian tersebut Kabupaten Ketapang telah berhasil mencapai level 3 baik untuk Maturitas Penyelenggaraan SPIP (terdefinisi) maupun Kapabilitas APIP (terintegrasi).

Hal ini mempunyai arti, bahwa pelaksanaan pengawasan intern di lingkungan Pemkab Ketapang telah dapat terdokumentasikan sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Sementara, untuk Kapabilitas APIP level 3 mempunyai arti bahwa kegiatan pengawasan yang dilakukan telah berpijak berdasarkan manajemen risiko.
Fungsi Inspektorat tidak lagi sebagi watchdog (anjing penjaga) semata, tetapi akan lebih mengarah kepada partnership dimana fungsi penjaminan kualitas serta konsultasi akan lebih dikedepankan.

Pencapaian secara bersamaan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP ini merupakan suatu bentuk prestasi dan sekaligus memenuhi salah satu target Indikator Kinerja Utama yg telah ditentukan dalam RPJMD Kabupaten Ketapang.

Kabupaten Ketapang merupakan salah satu dari delapan pemerintah daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Barat yang berhasil mencapai level 3. Dan merupakan salah satu dari 200 an pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut, Bupati Ketapang Martin Rantan, memberikan apresiasi berupa penghargaan terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) yang berhasil menyelesaikan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan aparat pengawasan secara 100 persen, yaitu kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Kominfo, BKPSDM dan RSUD dr. Agoesdjam Ketapang.
“OPD lainnya agar meningkatkan kinerja penyelesaian tindak lanjut sebagaimana empat OPD yang telah mencapai 100 persen,” ujarnya. (ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *